Soal Bahan Pangan Mentan Tegaskan Tak Harus Bergantung Impor

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)
Sumber :

VIVA Bisnis – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan, di tengah ketidakpastian harga pangan global akibat berbagai dinamika geopolitik saat ini. Salah satu tugas utama Kementerian Pertanian adalah memperkuat pasokan bahan pangan untuk kebutuhan konsumsi nasional.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Terutama, bahan pangan yang menjadi konsumsi masyarakat seperti misalnya beras. Serta sejumlah alternatif bahan pangan lainnya yang juga bakal terus diperkuat pasokannya.

"Kita harus kuat kan sorgum kita, kita harus kuat kan singkong dan sagu kita, itu yang paling penting," kata Syahrul saat ditemui di kawasan Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

Mengenai apakah ada kaitan antara kenaikan harga pangan global dengan aspek politik, baik di dalam maupun di luar negeri, Syahrul mengaku tak mau terlalu memikirkan hal tersebut.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Photo :
Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Kementerian Pertanian menurutnya hanya akan berfokus pada urusan perut rakyat. Supaya daya tahan pasokan pangan yang dimiliki Indonesia cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakatnya secara nasional.

"Saya tidak urus politik-politik itu, saya cuma urus perut rakyat, dan hasilnya kan seperti ini, daya tahan kita akan cukup. Jangan main-main politik untuk kepentingan perut lah," ujar Syahrul.

Saat ditanya bagaimana dengan harga mie instan yang disebutnya bakal naik hingga tiga kali lipat, sebagaimana yang diutarakannya beberapa waktu lalu, Syahrul menegaskan bahwa dia tak mau berbicara terlalu jauh mengenai hal tersebut.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengecek lahan pertanaman padi IP 400 di Klaten

Photo :
  • Kementan

Dia hanya mengatakan, bahwa seharusnya Indonesia terus berupaya memenuhi pasokan pangan guna memenuhi kebutuhan konsumsi. masyarakatnya, tanpa harus bergantung penuh pada impor bahan pangan dari negara lain.

"Karena kita kan tidak harus tergantung pada importasi dong," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya