Keberatan Harga BBM Naik, Sopir Angkot: Ekonomi Makin Susah

Angkot saat mengisi BBM di SPBU.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)

VIVA Bisnis – Kenaikan harga BBM yang diumumkan Presiden Jokowi pada Sabtu siang, 3 September 2022 dirasa memberatkan sopir angkot di Kota Serang, Banten. Sopir angkot mengaku kondisi penumpang saat ini kian sepi.

Terpopuler: Ada Kabar Gembira soal BBM Pertalite, Motor Bebek Paling Mahal di RI

Ekonomi diakui akan berat setelah harga BBM jenis Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10 ribu per liter.

"Iya, udah tahu. Keberatan, (ongkos bakal naik enggak) enggak tahu ya. (Ekonomi) susah Lah. (Tarikan) sepi," kata Ujang, salah satu sopir angkot, ditemui usai mengisi BBM, Sabtu 3 September 2022.

Sopir Angkot Ugal-ugalan Tabrak Ojol hingga Mobil di Jaktim, Begini Kronologinya

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan kenaikan harga BBM bersubsidi dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Jokowi, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 3 September 2022.

Photo :
  • ANTARA/Desca Lidya Natalia

Salah satu SPBU di Kota Serang mengaku bahan bakar penugasan jenis Pertalite dan Solar masih tersedia dan cukup untuk masyarakat. BBM yang tersedia di pom bensin masih menggunakan harga lama, meski pemerintah telah menerapkan harga baru. 

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

"Stok juga masih tercukupi untuk konsumen. (Stok harga lama di jual harga baru) ya kira-kira seperti itu," kata Fajar Arief, salah satu supervisor SPBU di Kota Serang, Banten.

Fajar bercerita, sempat terjadi antrean di SPBU-nya jelang kenaikan harga BBM. Namun masih di atasi oleh petugas pom bensin.

SPBU yang di awasi olehnya sempat ditutup beberapa menit untuk mengatur ulang harga BBM jenis Pertalite dan Solar, saat harganya resmi naik.

"Antri jelas antri, pasti ada tadi, tapi masih bisa di atasi sama kita. Karena pakai sistem, kita atur dulu, jadi (SPBU) sempet kita tutup dulu," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya