Erick Thohir soal Peluang RI Jadi Tuan Rumah Piala Dunia: Uangnya Ada, Asal Jangan Dikorupsi

Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Bisnis – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan peluang Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Piala Dunia sangat terbuka kemungkinannya, mengikuti jejak negara Asia yang pernah menjadi tuan rumah edisi sebelumnya.

Menurut Erick, apabila Indonesia ingin mengikuti bidding tuan rumah Piala Dunia maka segalanya harus segera dipersiapkan, terutama pembinaan tim nasional.

Sementara itu dari sisi anggaran, pria yang juga merupakan Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) itu mengatakan tak perlu khawatir, karena dana pasti tersedia apalagi Indonesia diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat dunia pada 2045.

Menteri BUMN, Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino

Menteri BUMN, Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino

Photo :
  • Instagram: Erick Thohir

Setelah Qatar 2022, Piala Dunia FIFA 2026 akan digelar di tiga negara yaitu Kanada, Meksiko, Amerika Serikat. Sementara tuan rumah edisi 2030 baru akan diumumkan pada 2024.

"Kesiapan ada. Dana juga ada. Bukan pemborosan, tapi dana ada. Kemarin Pak Jokowi mengajukan Ibu Kota Negara (IKN) bidding tuan rumah Olimpiade 2036. Kita akan mempunyai ibu kota baru, fasilitas yang makin bagus. Ekonomi kita masuk empat terbesar pada 2045. Jadi uangnya ada kok sebenarnya asal jangan dikorupsi. Jadi apabila 2040 Indonesia ikut bidding Piala Dunia bukan tidak mungkin," kata Erick di Jakarta, Sabtu.

Namun, Erick menekankan meski secara infrastruktur dan dana siap, tapi jika prestasi tim nasional masih jauh maka akan sangat sulit bagi Indonesia untuk maju dan memenangi bidding tuan rumah.

Halaman Selanjutnya
img_title