Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Telur Ayam di Semarang Naik Jadi Rp 30.000 per Kg

Ilustrasi telur ayam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irfan Anshori

VIVA Bisnis – Harga bahan kebutuhan pokok merangkak naik sepekan jelang bulan puasa atau Ramadhan. Hari ini, Selasa, 14 Maret 2023, harga telur ayam ras dan daging ayam potong di Semarang terpantau mengalami kenaikan yang cukup terasa. 

Daftar Harga Pangan 3 Mei 2024: Cabai Merah, Gula hingga Daging Sapi Naik

Menurut pedagang eceran di Tembalang Kota Semarang, Toha, untuk telur ayam ras sudah dijual Rp 30 ribu per kilogram (kg) atau Rp 16 ribu jika dijual per setengah kg. Sementara kalau untuk daging ayam potong ia sudah kulak 32ribu rupiah dan menjual secara eceran Rp 34 ribu rupiah.

"Ayam naik ini. Kemarin-kemarin masih bisa jual Rp 30 ribu sekarang bisa 34 ribu karena kulaknya juga naik. Kalau telur naiknya terus ini, hampir tiap hari naik seribu. Minggu kemarin masih Rp 25 ribu kulaknya. Tapi hari ini sudah kulak Rp 28 ribu per kilo. Maka saya jual eceran ke konsumen langsung 30 ribu rupiah, kan ada ongkos transportasi karena kita jual keliling," kata Toha, Selasa, 14 Maret 2023.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Kondisi ternak ayam petelur di Sumenep, Madura.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Hal itu dibenarkan pedagang grosir telur di Tembalang Semarang. Saat ini harga grosir telur ayam ras sudah Rp 27 ribu per kg. Khusus yang telur omega Rp 28 ribu per kg.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Sejak Minggu naik seribu, terus Selasa ini naik lagi jadi Rp 27 ribu. Memang begitu kalau mau bulan puasa, kemungkinan nanti pas masuk bulan puasa bisa Rp 29 ribu per kilonya untuk harga grosir," katanya.

Konsumen masih bisa mentoleransi harga telur saat ini yang masih di angka tersebut. Karena pernah merasakan harga telur nyaris Rp 40 ribu per kg saat mau Lebaran.

"Masih bisa lah kalau 30 ribu, tapi jangan sampai lagi lah kayak tahun kemarin kan sampai 38ribu 40 ribu," ungkap Rahma, pembeli.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya