Rupiah Melemah Tipis ke Rp 15.391 per Dolar AS, Ini Sederet Faktor Pemicunya

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 17 Maret 2023. Terpantau pukul 09.14 WIB rupiah melemah sebesar 9 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp 15.391 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.382 per dolar AS.

BI Pede Ekonomi RI 2024 di 5,5 Persen Meski Suku Bunga Naik 

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.481 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah hari ini. Kebijakan Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuannya pada level 5,75 persen di tengah gonjang ganjing global yang semakin memanas dinilai sesuai dengan ekspektasi pasar.

Rupiah Kembali Anjlok ke Level Rp 16.234 per Dolar AS

"Kebijakan mempertahankan suku bunga acuan sesuai dengan ekspektasi pasar, karena melihat kondisi inflasi yang terus menurun. Inflasi inti yang merupakan pertimbangan BI dalam menentukan arah suku bunga kian melambat pada Februari lalu," kata Ibrahim dalam risetnya, Jumat, 17 Maret 2023.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Ibrahim mengatakan, secara bulanan inflasi inti melemah dari 0,33 persen month to month (mtm) menjadi 0,13 persen mtm. Hal itu disebabkan karena berakhirnya masa pembayaran sewa rumah di awal tahun.

"Di tengah terjaganya fundamental perekonomian RI, kondisi perekonomian global memang masih sangat fluktuatif. Tutupnya Silicon Valley Bank menjadi salah satu sentimen anyar yang kembali memperkeruh kondisi pasar keuangan global," terangnya.

Selain itu jelasnya, bank sentral AS The Federal Reserve (the Fed) juga diproyeksi masih melanjutkan kenaikan suku bunga acuannya.

"Mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif. Namun, ditutup melemah di rentang Rp 15.350-Rp 15.420," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya