Kesiapan PLTU Pelabuhan Ratu Amankan Pasokan Listrik Selama Ramadhan hingga Lebaran

PLTU Pelabuhan Ratu pastikan kesiapan memasok listrik dengan aman pada Ramadhan hingga Lebaran.
Sumber :
  • Dok. PLN Indonesia Power.

VIVA Bisnis – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pelabuhan Ratu dipastikan andal selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. PLTU ini merupakan salah satu unit dari PLN Indonesia Power

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra memastikan, pihaknya yang menjaga peran vital di sisi hulu sistem kelistrikan siap menjaga pasokan listrik tetap andal agar masyarakat dapat menikmati libur perayaan Idul Fitri 1444 H dengan nyaman.

“Kami akan pastikan pembangkit-pembangkit kami tetap andal dan masyarakat Indonesia yang menjalankan Ibadah di Bulan Suci Ramadan serta berkumpul dengan keluarga saat momen Idul Fitri dapat menjalankan dengan aman dan nyaman dengan kehadiran listrik kami. Karena kami PLN Grup berkomitmen tidak boleh ada listrik yang mati, tidak boleh ada ibadah yang terganggu, tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya,” ujar Edwin dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 April 2023

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

PLTU di Pelabuhan Ratu.

Photo :
  • U-Report

Adapun realisasi Capacity Factor (CF) PLTU tersebut pada kuartal I-2023 di angka 82,45 persen di mana angka tersebut melebihi target yaitu 70,1 persen dan Hari Operasi Pembangkit (HOP) aman di atas 18 hari.

Dompet Porak Poranda Pasca Lebaran, Begini Taktik Perbaikinya

“Dalam beberapa hari ke depan kami jajaran direksi juga tengah lakukan inspeksi ke unit-unit pembangkit kami yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, kami ingin tumbuhkan kepedulian antar pegawai maupun manajemen untuk tumbuhkan jiwa kebersamaan dalam menjaga keandalan pembangkit,” tambahnya.

Menambahkan hal tersebut, Senior Manager PLTU Pelabuhan Ratu, Rizqi Priatna menyampaikan, saat ini kondisi PLTU Pelabuhan Ratu dalam keadaan baik dan siap salurkan listrik selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

“PLTU Pelabuhan Ratu saat ini dalam kondisi baik di mana CF atau faktor kapasitas, perbandingan antara kapasitas rata- rata dalam megawatt (MW) produksi selama periode tertentu terhadap kapasitas terpasang sebesar 82,45 persen pada TW 1 yang di mana angka tersebut melebihi target yaitu 70,1 persen. Selain itu dalam menyambut hari raya Idul Fitri kami pastikan pasokan energi primer aman yaitu lebih dari 18 hari,” ujar Rizqi.

Selain itu, PLTU Pelabuhan Ratu juga memiliki peran vital dan strategis untuk wilayah Jawa Barat, di mana PLTU Pelabuhan Ratu menopang pasokan daya listrik sebesar 85 persen untuk wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi bahkan sampai area Cibinong dan Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya