Cuti Bersama Habis, Arus Balik Mudik dari Sumatera ke Jawa Makin Meningkat

Pelabuhan Bakauheni.
Sumber :
  • ASDP.

VIVA BIsnis – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan bahwa sejak H+1 dan H+2 Lebaran 2023, trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terpantau ramai lancar dan cenderung terus meningkat.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, tren pergerakan penumpang yang akan kembali menuju Pulau Jawa terus meningkat.

"Karena sebagian masyarakat sudah mulai kembali masuk kerja pada Rabu, 2 April 2023, sekaligus berakhirnya cuti bersama sesuai penetapan Pemerintah yang berlaku 19-25 April 2023," kata Shelvy dalam keterangannya, Selasa, 25 April 2023.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Antrean kendaraan pemudik di pelabuhan Merak Banten

Photo :
  • Yandi Deslatama (Serang)

ASDP sendiri telah mengantisipasi arus balik Lebaran, di mana puncak arus diperkirakan terjadi dua kali. Puncak arus balik pertama yakni pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2. Sementara puncak arus balik kedua adalah pada Minggu (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8, yang bertepatan dengan libur Hari Buruh.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Selain itu, lanjut Shelvy, ASDP juga mengapresiasi pengguna jasa yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah bertiket ketika tiba di Pelabuhan. Dia berharap masyarakat dapat segera melakukan reservasi tiket dan mengatur perjalanan balik lebih awal, untuk menghindari antrean.

"Namun, kami juga mohon kerja sama dan perhatiannya kepada pengguna jasa untuk tetap mengikuti aturan, agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket," ujarnya.

Pengguna jasa agar mengatur waktu di hari H keberangkatan diharapkan juga tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku, jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila ada penumpang yang tiba di pelabuhan namun belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Pelabuhan ASDP.

Photo :
  • Dokumentasi ASDP.

"Demi kenyamanan para pemudik, dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya," ujarnya.

Sebagai informasi, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada Rabu (19/4) atau H-3 dan Kamis (20/4) atau H-2. Sementara puncak arus balik pertama yakni pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2, dan puncak arus balik kedua pada Minggu (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya