Viral Tarik Uang Rp 100 Ribu Keluar Rp 52 Ribu, YLKI Minta Bank Kontrol Layanan ATM

Tarik Uang di ATM Rp100 Ribu, yang Keluar Malah Rp52 Ribu
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta perbankan atau penyedia jasa ATM untuk serius mengontrol layanannya. Hal itu sebagai respons atas video viral seorang warganet saat melakukan penarikan tunai di ATM yang tidak sesuai dengan nominal.

Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

Pengalaman itu dibagikan oleh warganet bernama Mastur. Saat itu, dia melakukan penarikan uang Rp 100 ribu namun, uang yang keluar sejumlah Rp 52 ribu, dengan pecahan Rp 50.000 dan Rp 2.000.

"Dengan kejadian ini, YLKI berharap pihak bank atau penyedia jasa ATM untuk mengontrol layanan ATM-nya, untuk mengantisipasi hal serupa tidak terjadi," kata Pengurus Harian YLKI, Agus Suyatno saat dihubungi VIVA Bisnis, Selasa, 11 Juli 2023.

Geopolitik Global Tak Menentu, Bos BNI Pede Ekonomi RI Sehat dan Stabil

Penampakan uang baru rupiah tahun emisi 2022. (ilustrasi)

Photo :
  • Bank Indonesia

YLKI juga meminta agar nasabah yang mengalami hal itu, untuk melaporkan kejadian itu kepada bank terkait maupun penyedia layanan ATM.

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

"Jika terbukti bahwa di ATM terselip pecahan Rp 2 ribu, nasabah bisa melaporkan hal tersebut kepada pihak bank atau penyedia layanan ATM. CCTV bisa menjadi alat bantu bukti," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Mastur melalui akun TikTok pribadinya @masturcatur pada Jumat, 7 Juli lalu mengatakan awalnya ia hendak mengambil uang Rp 100 ribu dengan pecahan Rp 50 ribu.

Seharusnya mesin tersebut mengeluarkan 2 lembar uang Rp 50 ribu. Namun mesin ATM malah mengeluarkan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 2 ribu. Sontak Mastur pun terkejut.

"Tarik Rp 100 ribu, malah keluar Rp 52 ribu,” ujar Mastur seperti dilihat Senin, 10 Juli 2023.

Tampak dalam video tersebut, Mastur memperlihatkan keanehan ini kepada sejumlah orang yang sedang antre di belakangnya. Beberapa orang yang menyaksikan pun dibuat kaget dan heran, sebab hal demikian jarang sekali terjadi.

Respons Bank Indonesia

Logo Bank Indonesia.

Photo :
  • VivaNews/ Nur Farida

Bank Indonesia (BI) pun telah memberikan responsnya. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono meminta kepada konsumen untuk langsung menghubungi bank terkait jika hal itu betul-betul terjadi. 

"Kalau konsumen benar-benar merasa uang yang keluar tidak sesuai bisa langsung hubungi banknya untuk melaporkan," kata Erwin saat dihubungi VIVA, Selasa, 11 Juli 2023.

Kendati demikian, Erwin menuturkan, dari kejadian itu sulit untuk membuktikan apakah kesalahan ada pada mesin ATM. Sebab, dari video yang beredar itu, tidak menunjukkan uang yang keluar dari ATM.

"Saya enggak mengatakan si pembuat video sedang menipu. Hanya saja video itu tidak membuktikan uang yang sedang keluar dari ATM," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya