Nicke Widyawati Jawab Rumor Ahok Bakal Geser Posisinya sebagai Dirut Pertamina

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta  – Sejak beberapa hari lalu marak berhembus kabar yang menyebut bahwa Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), bakal berganti posisi menjadi Direktur Utama Pertamina menggantikan Nicke Widyawati.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Karenanya, saat dikonfirmasi langsung kepada Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dia pun akhirnya turut buka suara mengenai adanya desas-desus tersebut.

Nicke menegaskan bahwa hal itu tergantung pada kebijakan pemegang saham. Dia hanya enggan berbicara lebih jauh, karena urusan ini berada di luar kapasitasnya sebagai Direktur Utama Pertamina.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

"Ya itu kewenangan pemegang saham, dan dalam hal ini saya tidak ada kapasitas untuk bicara," kata Nicke saat ditemui di acara IPA Convex 2023, ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa, 25 Juli 2023.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Photo :
  • vstory
Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Diketahui, sebelumnya Menteri BUMN, Erick Thohir sempat mengatakan, pergeseran tugas merupakan sesuatu yang bisa saja terjadi di Pertamina. Meskipun, Erick mengakui bahwa sampai saat ini belum ada keputusan mengenai wacana pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Dirut Pertamina.

"Tour of duty bisa saja terjadi, tapi saya belum bisa mengkonfirmasi kalau memang itu sudah ada keputusan," kata Erick di kantornya, Jumat, 21 Juli 2023.

Karenanya, Erick pun menegaskan bahwa sampai saat ini, belum ada kebutuhan untuk pergantian kepemimpinan di Pertamina. "Apakah pergantian daripada kepemimpinan itu harus terjadi? Sampai hari ini belum," ujarnya.

Sebelumnya Ahok sendiri juga sempat buka suara terkait adanya isu perombakan dalam tubuh Direksi Pertamina. Dia bahkan membantah jika dirinya bakal diangkat menjadi Dirut Pertamina, menggantikan Nicke Widyawati. 

Sebab, kabar mengenai pengangkatan Ahok menjadi dirut Pertamina ini juga sudah beredar kencang dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu ditambah bahwa pada Selasa, 18 Juli 2023, Ahok melakukan pertemuan secara intens dengan Erick Thohir di kantor Kementerian BUMN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya