R&I Naikkan Outlook Rating Utang Indonesia Jadi Positif, Bos BI: Stabilitas Ekonomi RI Diakui

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

Jakarta –  Lembaga Pemeringkat Rating and Investment Information, Inc. (R&I), pada 25 Juli 2023 telah meningkatkan outlook rating utang Indonesia menjadi positif dari sebelumnya stabil, dan mempertahankan Peringkat Indonesia menjadi BBB+ atau dua level di atas level terendah investment grade.

Kontroversi Penetapan Kurikulum Merdeka Menjadi Kurikulum Nasional

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, peningkatan outlook Indonesia itu menunjukkan keyakinan kuat pemangku kepentingan internasional, atas stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia.

"Di mana hal itu tetap terjaga di tengah persaingan ekonomi global dan pasar keuangan yang meningkat," kata Perry dalam keterangannya, Rabu, 26 Juli 2023.

May Day, Apindo Harap Hubungan Buruh dan Pengusaha Harmonis

Dia berpendapat, kepercayaan dunia internasional tersebut didukung oleh kredibilitas kebijakan yang tinggi. Selain itu, hal tersebut juga karena sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Pemerintah dan Bank Indonesia.

Perry menambahkan, keputusan tersebut didukung oleh kinerja ekonomi yang tetap kuat, dan ketahanan ekonomi yang terjaga di tengah kerentanan ekonomi global. Selain itu, inflasi dan defisit fiskal juga telah kembali dalam target lebih cepat dari perkiraan.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Ke depannya, Perry memastikan Bank Indonesia akan terus mencerdaskan perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik. Selain itu, BI juga akan merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan, untuk memastikan terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“BI terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah untuk mendukung percepatan transformasi ekonomi menuju ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan," ujarnya.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II Tahun 2014

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya