Naik 54 Persen, Laba Bersih Citi Indonesia Capai Rp 1,2 Triliun di Semester I-2023

Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi saat pemaparan kinerja keuangan
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia.

Jakarta - Citi Indonesia berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 1,2 triliun pada semester I-2023. Angka itu meningkat sebesar 54 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. 

Bank Mandiri Selektif Cairkan Paylater, Ini Pertimbangannya

Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi mengatakan, peningkatan itu terutama disebabkan oleh meningkatnya pendapatan bunga bersih. 

"Portofolio pinjaman Citi Indonesia tumbuh sebesar 10,4 persen menjadi Rp 43,2 triliun, terutama ditunjang oleh pertumbuhan portofolio kredit dari lini bisnis institutional banking, terutama pada sektor industri  manufaktur serta perantara keuangan dan asuransi," kata Batara dalam acara Pemaparan Ekonomi dan Kinerja Keuangan di Fairmont, Jakarta, Kamis, 10 Agustus 2023. 

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Chief Executiive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi.

Photo :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

Batara menuturkan, Rasio Kecukupan Likuiditas (LCR) dan Rasio Pendanaan Stabil Bersih (NSFR) Citi Indonesia tetap kuat di 297 persen dan 136 persen, di atas ketentuan minimum. 

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

"Citi Indonesia juga memiliki modal yang kuat dengan Rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 28,7 persen," kata dia. 

Sementara itu, Rasio Non-Performing Loan (NPL) gross tercatat stabil di 2,9 persen. Batara menegaskan, perusahaan terus memastikan kecukupan pencadangan kerugian penurunan nilai kredit yang sebagaimana tercermin dalam rasio NPL Net yang sebesar 0,3 persen. 

Menurutnya, perekonomian Indonesia juga mengalami pertumbuhan dan stabilitas pada kuartal II tahun ini. Hal ini menunjukkan ketahanan kita di tengah melemahnya kondisi perekonomian global. 

"Pencapaian yang sama juga kami alami di Citi Indonesia yang terus menunjukkan kinerja keuangan yang kuat pada semester pertama tahun ini," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya