Kurangi Impor Bahan Baku, UMKM Ini Komitmen Gunakan 80 Persen Bahan Baku Lokal

UMKM Steel Horse Safety Shoes.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah memainkan peran krusial dalam menjadi tulang punggung perekonomian nasional, serta memperkuat perekonomian lokal sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Salah satu UMKM Indonesia tersebut misalnya seperti Steel Horse Safety Shoes, yang berdedikasi pada produksi sepatu keselamatan berkualitas tinggi serta menjadi pelopor dalam pemanfaatan material bahan baku lokal. Hal itu sebagai bagian dari upaya meningkatkan tingkat konsumsi dalam negeri (TKDN), pada produksi sepatu-sepatunya.

Pendiri Steel Horse Safety Shoes, Bambang Hadi mengatakan, dalam mendukung sumber daya lokal dan memberdayakan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja, pihaknya berkomitmen tinggi menggunakan 80 persen kulit asli Indonesia dalam produksinya.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Produk perajin UMKM tas jinjing. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

"Hal itu dilakukan pada saat banyak perusahaan lain justru mengandalkan impor bahan baku dari China," kata Bambang dalam keterangannya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dengan menggunakan 80 persen kulit dari bahan baku lokal, terutama pemberdayaan kulit dari Garut, Jawa Barat, Bambang menegaskan bahwa Steel Horse Safety Shoes telah membuktikan bahwa produk dalam negeri juga mampu bersaing secara global. Hal tersebut dilakukan dalam mendukung perekonomian domestik.

"Komitmen kami adalah untuk membuktikan bahwa Indonesia memiliki kapasitas untuk menghasilkan produk berkualitas internasional. Dengan memprioritaskan bahan baku lokal, kami berharap dapat berkompetisi secara global sambil mendorong pertumbuhan ekonomi negara," ujar Bambang.

Bambang menegaskan, pihaknya juga telah memberikan contoh nyata dalam menghadirkan dampak positif bagi masyarakat setempat. Di mana, UMKM ini juga aktif menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya, sehingga masyarakat lokal memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Sebagai perusahaan UMKM Indonesia, Steel Horse Safety Shoes terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi bangsa, dan mempromosikan potensi kerajinan lokal. Dengan memanfaatkan sumber daya dalam negeri, kami telah berperan aktif dalam mengurangi dampak lingkungan melalui pengurangan impor," ujarnya.

Diketahui, Steel Horse Safety Shoes telah berdiri sejak tahun 2002, dan fokus dalam memproduksi produk perlengkapan keselamatan kerja (HSE) yang berkualitas tinggi. Mulai dari helmet, glasses, seragam, sarung tangan, hingga sepatu safety, Steel Horse Safety Shoes pun komitmen dalam menyediakan perlindungan lengkap untuk keselamatan para pekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya