Perkuat Regulasi, Kemenhub Genjot Upaya Penataan Ekosistem Logistik Nasional

Ilustrasi pelabuhan.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menegaskan komitmen penguatan regulasi dalam hal penataan ekosistem logistik nasional. Hal itu dilakukan melalui penerbitan beberapa Peraturan Menteri, serta peraturan turunan terkait lainnya.

Kemenhub Bebastugaskan Pejabat yang Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menjelaskan, hal itu terkait dengan telah ditetapkannya Instruksi Presiden RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

"Penguatan regulasi ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan yang transparan dan akuntabel di pelabuhan. Dengan pembaruan regulasi dan sistem Inaportnet, maka diperlukan koordinasi yang berkesinambungan untuk pelayanan prima di pelabuhan," kata Capt. Antoni dalam keterangannya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Kemenhub Siapkan Sanksi untuk Pejabatnya yang Goda-Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Koordinasi nasional Inaportnet.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Dia mengatakan, sampai Agustus 2023, sebanyak 149 pelabuhan telah menerapkan digitalisasi pelayanan kepelabuhanan, atau yang dikenal dengan Inaportnet, sebagai pintu masuk awal arus logistik di pelabuhan.

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

"Kemenhub menargetkan, sampai dengan akhir tahun 2023 terpenuhi target 260 pelabuhan," ujarnya.

Capt. Antoni menegaskan, implementasinya Inaportnet di pelabuhan merupakan langkah keseriusan Kementerian Perhubungan, dalam melakukan pembenahan pelayanan di pelabuhan.

"Serta merupakan upaya kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga terkait di pelabuhan melalui digitalisasi," kata Capt. Antoni.

Karenanya, Capt. Antoni pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan pemangku kepentingan terkait, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Karena, merekq telah bekerja keras untuk berkolaborasi dan bersinergi, guna mendukung penerapan Inaportnet di Indonesia.

"Kemenhub bersama Kementerian/Lembaga terkait terus berbenah diri dan mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan secara terkoordinasi dan terintegrasi, untuk melaksanakan penataan logistik nasional guna meningkatkan daya saing Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya