LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Dirut KAI: 434 Perjalanan Setiap Hari

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo.
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek), Senin, 28 Agustus 2023.

Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Sebelum meresmikan, Kepala Negara didampingi ibu negara Iriana Jokowi sempat menaiki LRT dari Stasiun Harjamukti di Depok, Jawa Barat, bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju. Hadir pula, Wakil Presiden Maruf Amin dan istrinya.

Presiden Jokowi dan rombongan menuju ke Stasiun LRT Dukuh Atas di Jakarta Pusat. Dikatakan bahwa moda transportasi baru ini bakal mempunyai 434 perjalanan setiap harinya.

17 Bandara Dicabut Status Internasionalnya kerena Kondisinya Begini

Presiden Jokowi bersama sejumlah kepala lembaga negara naik LRT Jabodebek

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo berharap kehadiran LRT menjadi salah satu solusi kemacetan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini juga sebagai opsi untuk masyarakat menggunakan transportasi umum.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

“Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya,” kata Didiek dalam keterangan tertulisnya, Senin, 28 Agustus 2023.

Ia memastikan LRT beroperasi setiap hari dengan total 434 perjalanan, yang beroperasi sejak pukul 05.00-23.30 WIB. Kapasitas satu rangkaian LRT bisa menampung hingga 1.308 penumpang.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan LRT Jabodebek

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

“Nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang,” kata Didiek.

Selain itu, dalam rangka HUT ke-78 Indonesia, tarif LRT Jabodebek akan diberlakukan promo berupa diskon yang diwujudkan dalam bentuk tarif flat. Tarif flat sebesar Rp5.000 bakal berlaku untuk seluruh perlintasan sejak diresmikan hingga akhir bulan September 2023.

Selanjutnya, Kementerian Perhubungan telah menerapkan skema tarif promo maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh. Kemudian di bawah Rp 20.000,- untuk selain jarak terjauh, sampai dengan akhir Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya