Presiden Korea Selatan Siap Bawa Tim ke RI untuk Fokuskan Kerja Sama Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kedatangan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol (kiri) sebelum melakukan pertemuan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/9/2023).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 8 September 2023. Dalam pertemuan itu, Pemerintah Korea Selatan menyatakan akan membawa tim demi memfokuskan kerja sama ekosistem kendaraan listrik (electric vehicles/EV).

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Hal ini juga demi mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan, Korea akan mengembangkan dan mengajak timnya ke Indonesia demi visi Indonesia Emas 2045. 

"Untuk itu, kami akan melakukan kerja sama di bidang industri masa yang akan datang, yaitu mobil listrik," kata Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo, seperti dikutip Antara.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Presiden Jokowi Terima Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Lebih lanjut, Presiden Yoon juga menegaskan bahwa Korea Selatan ingin bekerja sama lebih jauh karena Indonesia merupakan mitra yang cocok. Ia juga menilai Indonesia merupakan negara yang penting di kawasan ASEAN karena mementingkan kebebasan dan perdamaian.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Ia pun berharap solidaritas Korea Selatan dengan kawasan ASEAN terus berjalan. "Bagi kami, Indonesia adalah negara yang penting di dalam ASEAN. Indonesia sangat mementingkan kebebasan dan perdamaian, dan hukum yang luar biasa," kata Yoon.

Dalam pertemuan yang menutup rangkaian kegiatan KTT ASEAN bersama negara mitra itu, Presiden Yoon juga menyampaikan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam Keketuaan dan penyelenggara KTT ke-43 ASEAN.

"Saya ingin menyampaikan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan KTT ASEAN yang luar biasa telah Presiden lakukan," kata Presiden Yoon.

Pertemuan bilateral Indonesia dan Korea Selatan juga bertepatan dengan 50 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya