Jalan Tol Serpong-Cinere Siap Beroperasi Penuh, Tersambung hingga Cijago

Tol Cinere-Serpong.
Sumber :
  • Jasa Marga

Jakarta – Jalan Tol Serpong-Cinere yang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ditargetkan beroperasi sepenuhnya dalam waktu dekat untuk meningkatkan konektivitas di kawasan Jabodetabek. Pembangunan fisik yang dilakukan sudah rampung.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani mengatakan, dengan tersambungnya Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km ini, maka semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

“Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung," ujar Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani di Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Mirza menambahkan bahwa ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+250 tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo. Dengan tersambungnya jalan tol dimaksud, pengguna jalan yang keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi melakukan transaksi di Gerbang Tol Limo yang dioperasikan oleh PT TLKJ.

tol Cinere-Serpong.

Photo :
  • Dokumentasi Jasa Marga.
Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Jalan Tol Serpong-Cinere, menargetkan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km yang konstruksinya telah rampung 100 persen dioperasikan dalam waktu dekat. Dengan dioperasikannya Seksi 2 ini, maka Cinere beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong - Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu.

Dijelaskan bahwa konstruksi untuk Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah rampung 100 persen sejak akhir 2021 lalu dan uji laik fungsi telah dilakukan pada Mei 2022 serta telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023.

Target jadwal pengoperasian jalan tol ini juga menyesuaikan dengan beroperasinya Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo dimaksud.

Gerbang Tol Kukusan Tol Cijago, Selasa, 3 Juni 2019.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

“Dengan tersambung penuh, maka pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Kami optimis volume kendaraan yang melalui Jalan Tol Serpong-Cinere juga meningkat,” ujar Mirza.

Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Jalan Tol JORR 2 menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tj. Priok maupun arah Cawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya