Jokowi Minta Tunjuk PSN Mana yang Titipan, Jubir Anies Bilang Begini

Presiden Jokowi didampingi Anies Baswedan meninjau sirkuit Formula E beberapa waktu lalu. (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Jakarta – Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan, baru-baru ini menyebut adanya dugaan Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan titipan pihak-pihak tertentu. Pernyataan Anies itu membuat heboh bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menantang Anies untuk membuktikannya dan menunjuk PSN mana yang dimaksud. 

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Merespons hal itu, Juru bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra mengatakan terkait PSN titipan itu lebih kepada kebijakan. Untuk detail apa proyek titipan itu hanya bisa dijelaskan oleh Pemerintah.

"Masukan Anies lebih pada kebijakan. Itu mestinya Pemerintah sendiri yang bisa menjelaskan mana saja yang memang memenuhi syarat regulasi, perencanaan matang, dan kepantasan untuk masyarakat," kata Surya saat dihubungi VIVA, dikutip Selasa, 3 Oktober 2023. 

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

Presiden Jokowi buka acara Istana berbatik

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Surya menuturkan, menurut aturan, PSN memiliki sifat strategis untuk pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka upaya penciptaan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

"Namun, di dalam praktek bukan tidak mungkin malah menimbulkan masalah, termasuk titipan-titipan proyek sebagaimana disinyalir bacapres Anies Baswedan," jelasnya. 

Menurutnya, sifat PSN yang bisa dipaksakan secara langsung telah menghalangi masyarakat untuk mendapat saluran penyelesaian sengketa yang adil. Sebab ketika Pemerintah ingin ada PSN di suatu lokasi, sekalipun ada keberatan dan penolakan, masyarakat tetap tidak bisa menghalangi niat Pemerintah.

"Untuk PSN, Pemerintah diberikan diskresi dan kewenangan penuh kalau dinilai ada alasan 'mendesak' yang penilaiannya diserahkan pada Pemerintah sendiri
Sehingga memberi peluang adanya kebijakan yang otoriter tanpa mekanisme masukan dan pengawasan oleh masyarakat secara layak," jelasnya. 

Surya mengatakan, bagi Anies sendiri, PSN itu bagus kalau memang dilaksanakan melalui pendekatan yang scientific (berbasis ilmu pengetahuan). Sebab publik ikut mengawasi dan terlibat sejak dari penentuan dan penunjukan lokasinya, serta memang memenuhi RPJP dan RPJM pemerintah sendiri.

"Kasus-kasus seperti food estate singkong yang dikelola Kementerian Pertahanan yang terbengkalai, misalnya, mestinya tidak perlu terjadi kalau dialog dengan warga memang dilaksanakan secara penuh. Jadi bagi Anies dialog merupakan kata kunci untuk PSN ini bisa betul memberi manfaat bagi rakyat, " jelas dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kritik Anies Baswedan yang menyebut adanya dugaan PSN merupakan titipan pihak-pihak tertentu. Jokowi menantang Anies membuktikan pernyataannya. 

"Ya ditunjuk saja proyek mana? yang nitip siapa?" Kata Jokowi usai menghadiri agenda Istana Berbatik di halaman Istana Merdeka, Minggu, 1 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya