BRINS Bantu Driver Gojek Disabilitas Tingkatkan Literasi Keuangan, Begini Caranya

BRI Insurance
Sumber :
  • Humas BRI

Jakarta – BRI Insurance (BRINS) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi asuransi dan inklusi keuangan di masyarakat di Bulan Inklusi Keuangan 2023. Kali ini, kepada pengemudi ojek online penyandang disabilitas agar semakin mudah dan memahami cara mengakses informasi dan literasi untuk mengelola keuangan dengan baik khususnya untuk berasuransi pada kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Gojek, Kemang, Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023.

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Vice President Secretary BRI Insurance, Fenti Octaviani mengatakan, kegiatan Inklusi dan Literasi Keuangan kepada pengemudi ojek online penyandang disabilitas bertujuan agar semuanya mampu merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik.

"Untuk memberikan ruang dan peluang terhadap orang-orang hebat ini agar mampu memahami dan memanfaatkan teknologi dalam merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik di masa depan karena dengan memiliki proteksi atas risiko yang ada akan berdampak kepada pengelolaan keuangan mereka agar dalam menjalani setiap aktivitasnya akan terasa lebih aman dan tenang dari risiko," ujarnya, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 5 Oktober 2023.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Program literasi keuangan untuk pengemudi gojek penyandang disabilitas.

Photo :
  • Dok. BRINS

Kegiatan inklusi dan literasi yang dilakukan BRI Insurance disebut selaras dengan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang telah menetapkan bahwa bulan Oktober adalah Bulan Inklusi Keuangan dengan tujuan mendorong masyarakat untuk memahami, lalu menggunakan layanan jasa keuangan secara pintar, benar dan bertanggung jawab.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Tingkat Literasi Asuransi dan Inklusi Keuangan di RI Masih Rendah

Ilustrasi asuransi.

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, berdasarkan data OJK tahun 2022, tingkat literasi mengenai asuransi dan Inklusi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah yaitu untuk tingkat literasi asuransi baru mencapai sekitar 31 persen dan tingkat inklusi keuangannya masih sekitar 16 persen sehingga program maupun kegiatan literasi dan iklusi keuangan harus terus di gencarkan.

Masih dalam rangkaian acara yang sama, Selain memberikan literasi BRI Insurance juga melakukan penyerahan bantuan tanggung jawab sosial atau CSR kepada pengemudi ojek online disabilitas.

“Dalam kegiatan ini, BRI Insurance memberikan apresiasi tertinggi dan berterima kasih kepada PT. Gojek Indonesia karena juga telah diberikan kesempatan untuk menyalurkan bantuan CSR berupa Sarana penunjang operasional seperti Powerbank, Helm dan Sembako serta Proteksi yaitu Asuransi Mikro Motorku dan Proteksiku untuk kendaraan operasionalnya termasuk di dalamnya terdapat manfaat perlindungan Kecelakaan Diri kepada sekitar 200 orang pengemudi atau mitra gojek penyandang disabilitas dari Jabodetabek," ujarnya.

Fenti menjelaskan, ini merupakan wujud nyata kepedulian kami kepada mereka setidaknya akan meringankan upaya mereka untuk ketahanan maupun proses peningkatan status. Fenti juga berharap agar kerja sama dalam kegiatan ini dapat berlanjut dengan dampak positif karena BRI Insurance siap memberikan perlindungan kepada seluruh pengemudi ojek online dan mitra gojek lainnya untuk melindungi diri dan aset. "Sehingga mereka dapat merasakan keamanan dan ketenangan dalam beraktifitas tanpa memikirkan kekhawatiran atas risiko yang kemungkinan timbul kapan saja dan di mana saja," katanya.

Selain itu, BRI Insurance akan terus melakukan edukasi terkait pentingnya asuransi dengan berbagai inovasi dalam peningkatan layanan serta pengembangan produk guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pertanggungan risiko. Termasuk mendukung ketahanan ekonomi khususnya sektor mikro di Indonesia.

BRI Insurance antara lain memiliki banyak produk asuransi yang ampu menjawab kebutuhan Pasar mulai dari Asuransi Rumah, Kendaraan, Kecelakaan Diri hingga Produk Asuransi Mikro yang Sederhana, Mudah, Ekonomis dan Segera.

Produk asuransi mikro yang dimiliki BRI Insurance saat ini meliputi Asuransi Mikro Kerusakan Tempat Usaha, Rumahku, Motorku, dan Proteksiku dengan Premi yang hanya dibanderol mulai dari Rp 40 Ribu hingga Rp 50 Ribu per tahun untuk mendapatkan manfaat proteksi berupa santunan mulai dari Rp 5 Juta sampai dengan Rp 20 Juta dengan proses klaim yang mudah dan cepat serta dapat diakses melalui aplikasi BRINSmobile di smartphone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya