Airlangga: Pemerintah Sudah Selesaikan 170 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 1.299 Triliun

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Golkar

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan progres pengerjaan program strategis nasional (PSN) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga bulan Oktober 2023 sudah mencapai ratusan proyek dan puluhan proyek masih dalam tahap konstruksi.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

“Tadi dilaporkan kepada Bapak Presiden bahwa sampai 4 Oktober ini telah diselesaikan 170 proyek PSN, dengan nilai investasi Rp 1.299,41 triliun dan 61 proyek dalam tahap konstruksi. Tahun 2023, itu masih ada 170 dan dalam konstruksinya 61 proyek,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Airlangga menyebut sampai 4 Oktober 2023 ini ada 17 proyek yang nilainya Rp259,41 triliun. Adapun, proyeknya antara lain jalan tol, pelabuhan, high speed train Jakarta-Bandung sudah selesai nilainya Rp125,7 triliun, LRT nilainya Rp29,9 triliun. 

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan unit kereta cepat Jakarta Bandung.

Photo :
  • VIVA/Farhan Faris

“Kemudian berbagai kawasan industri, berbagai bendungan, dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Serpong Cinere dan Tol Pasuruan,” ujar Ketua Umum Partai Golkar.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Sementara, Airlangga mengatakan ada beberapa proyek yang belum diresmikan dan akan selesai 16 proyek lainnya dengan nilai Rp179,46 triliun. Termasuk beberapa bendungan, Tol Kisaran Tebing Tinggi, Pelabuhan Deli Kupang, Makassar New Port.

“Berbagai bendungan dan termasuk di Papua Barat juga sudah selesai, LNG train 3, dan proyek satelit multifungsi, proyek tangguh LNG juga sudah siap diresmikan,” jelas dia.

Selanjutnya, Airlangga menyampaikan kepada Presiden Jokowi proyek yang akan selesai sampai 20 Oktober 2024 itu jumlahnya 25 proyek dengan nilai Rp151,58 triliun. “Itu proyek jalan tol, kawasan industri, bandara, Benoa tourism, jalan tol, kawasan industri, dan berbagai kampus universitas Islam,” ungkapnya.

Peresmian Bendungan Sadawarna oleh Presiden Jokowi

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Kemudian, ia menambahkan antara 20 Oktober sampai Desember 2024, masih ada 12 proyek yang nilainya Rp23,45 triliun. Sedangkan, kata dia, PSN juga ada proyek yang sifatnya konstruksi sudah berjalan, beroperasi sebagian penyelesaiannya lewat dari tahun 2024.

“Nah, ini jumlah proyeknya ada 42 nilainya Rp1427,36 triliun. Karena sifatnya proyek sudah berjalan dan financial closing tentunya proyek ini berlanjut sampai selesai,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya