Tak Punya Hubungan Diplomatik, Intip Produk Israel yang Beredar di Pasar Indonesia

Bendera Israel.
Sumber :
  • thebluegrassspecial.com

Jakarta – Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel yang saat ini tengah berperang dengan Hamas. Namun, Indonesia sendiri tercatat masih melakukan impor beberapa komoditas dari Israel seperti peralatan mekanis hingga perkakas.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, meskipun Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Tetapi RI masih memiliki hubungan bisnis, yang mana selama Januari-September 2023 total impor Israel ke Indonesia mencapai US$14,4 juta atau Rp 226,2 miliar (asumsi kurs Rp 15.711 per dolar AS).

Gedung BPS / Badan Pusat Statistik

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Kementerian Keuangan Tanggapi Masukan Masyarakat Terkait Permasalahan Impor Barang Kiriman

"Kita tidak memiliki hubungan diplomatik, tidak berarti secara ekonomi kita tidak boleh melakukan hubungan dagang. Tetap bisa dilakukan karena ini business to business, dan total impor Israel selama Januari sampai September 2023 adalah sebesar US$14,4 juta," ujar Amalia dalam konferensi pers Senin, 16 September 2023.

Amalia merinci, untuk komoditas utama impor RI ke Indonesia di antaranya mesin peralatan mekanis dan bagiannya, perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia, serta mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya.

Bea Cukai Sosialisasikan Aturan Kepabeanan di Dua Wilayah Ini

Bendera Israel.

Photo :
  • Atalayar

Dia menjelaskan, impor Israel ke Indonesia sendiri pada tahun 2020 mencapai US$56,5 juta, kemudian turun pada 2021 menjadi US$26,5 juta.

"2022 mencapai US$47,8 juta, dan sepanjang Januari dan September 2023 kita mengimpor dari Israel sebesar US$14,4 juta," terangnya.

Seperti diketahui, kelompok Hamas pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023 melancarkan serangan militer terbesar terhadap Israel dalam beberapa dekade dan menewaskan ratusan warga Israel. Dan memicu gelombang serangan udara balasan Israel di Gaza yang berlanjut hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya