Janji Prabowo dengan Pemimpin Buruh dan Pengusaha soal Upah Minimum

Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Jakarta – Calon presiden Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto meminta kepada buruh untuk tidak banyak menuntut terkait upah. Sebagai gantinya, dia menjanjikan sejumlah fasilitas kepada para buruh.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Prabowo mengatakan, dirinya membuka dialog kepada pemimpin buruh terkait besaran upah. Dia mengatakan, untuk sejumlah fasilitas yang akan diberikan yakni kesehatan gratis, subsidi listrik dan BBM, hingga pendidikan.

"Kita akan bicara ke pemimpin buruh, 'Eh saudara, kesehatan nggak bayar, subsidi listrik, subsidi BBM, sekolah harus kita bikin nggak bayar, kita akan kasih makan siang'," kata Prabowo dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia Rabu, 8 November 2023.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Bonus Rp23 Miliar dari 23 Pengusaha

Menhan sekaligus Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto

Photo :
  • Dok. Gerindra

Bahkan Prabowo berjanji, akan memberikan subsidi 100 persen untuk angkutan umum. Sebab, beberapa negara juga sudah menerapkan hal tersebut.

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

"Kita harus berani seperti negara lain angkutan di kota-kota besar kalau perlu subsidi 100 persen. Untuk orang yang butuh, jadi kalau bus enggak pakai AC ya sudah," ujarnya.

penetapan upah minimum (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA/Zabur Karuru

Sehingga dengan demikian, Prabowo meminta kepada para buruh untuk tidak menuntut kepada pengusaha. Sebab jika hal itu dilakukan, akan membuat para pengusaha kabur ke negara lainnya.

"Buruh kau sudah dapat ini, udah dapat ini angkutan akan kita bebasin supaya kau kerja ringan. Jangan kau tuntut-tuntut pengusaha kalau enggak untung pengusahanya bisa pindah ke Bangladesh, kemana-kemana kan begitu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya