KCIC Terapkan Tarif Dinamis Whoosh, Kelas Premium Economy Mulai Rp 150 Ribu

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT KCIC akan menerapkan skema tarif dinamis (dynamic pricing) untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh yang lebih fleksibel mulai keberangkatan 3 Februari 2024.

Pendapatan Garuda Indonesia Kuartal I-2024 Naik 18,07 Persen

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, dengan skema baru ini, tarif Whoosh kelas Premium Economy akan berkisar di harga Rp 150.000, Rp 175.000, Rp 200.000, Rp 225.000, hingga Rp 250.000.

"Ini memungkinkan penumpang mendapatkan tiket Whoosh dengan harga yang lebih hemat, bila melakukan perjalanan di waktu tertentu," kata Eva dalam keterangannya, Senin, 29 Januari 2024.

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Kereta Cepat Jakarta Bandung KCIC.

Photo :
  • PT KAI

Skema baru ini juga memungkinkan bahwa dalam satu hari, terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk setiap jadwal perjalanan Whoosh. Faktor-faktor penentunya yakni terkait jam sibuk (peak hour) atau jam non-sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non-liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan. 

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Pada high season (peak hour), penumpang akan ditawarkan tarif yang lebih tinggi. Sementara pada moment off peak, tentunya penumpang juga akan ditawarkan tarif yang lebih murah.

"Penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda-beda, guna menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan daya belinya," ujarnya.

Dia menambahkan, skema dynamic pricing ini akan memberikan nilai tambah bagi penumpang. Adanya fleksibilitas harga, diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat.

"Penerapan dynamic pricing ini akan terus dipantau dan dievaluasi, agar dapat terus sesuai dengan kebutuhan penumpang dan operasional Whoosh," kata Eva.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin menggunakan Whoosh dapat melakukan pemesanan tiket melalui sejumlah saluran resmi. Antara lain seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya