5 Tips agar Pemimpin Bisnis Bisa Punya Tim yang Loyal dan Solid

Ilustrasi bos.
Sumber :
  • Halomoney.

Jakarta – Jiwa kepemimpinan atau leadership ditegaskan harus dimiliki oleh seorang pemilik usaha jika ingin terus berkembang maju. Karena itu, bos atau pemilik bisnis harus terus melatih diri sendiri untuk menjadi sosok pemimpin yang berkompeten baik di sektor usaha yang digeluti maupun bagaimana membentuk timnya.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Konsultan Bisnis Kerakyatan Wirson Selo dalam buku ‘Titik Kritis Bisnis & Solusinya’ menjelaskan, leadership atau kepemimpinan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Dengan kepemimpinan yang tepat, pemilik bisnis dapat membangun usaha dengan cepat memiliki tim yang loyal dan solid. 

"Tim bisnis yang loyal dan solid merupakan aset berharga bagi setiap pemilik usaha," kata Wirson Selo dikutip dari keterangannya, Senin, 12 Februari 2024.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Dia menjabarkan, tim yang kuat dan dapat bekerja sama dengan efektif akan mendorong pertumbuhan bisnis dengan lebih cepat. Menurutnya, pemilik bisnis sebagai pemimpin tidak bisa menerapkan teori-teori HRD modern untuk membangun tim yang loyal dan solid.

Ilustrasi pemimpin.

Photo :
Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Lebih lanjut dia pun membagikan tips yang harus dimiliki pemimpin agar memiliki tim loyal dan solid. Berikuti ini daftarnya.

1. Sikap optimisme

Optimisme menjadi sikap yang harus ditularkan oleh pemilik bisnis sebagai pemimpin agar memiliki tim loyal dan solid. Meski saat ini tengah membangun bisnis dari nol, yakinkan mereka bahwa bisnis tersebut memiliki peluang.

"Dengan begitu karyawan akan merasa yakin untuk berkembang dan belajar akan lebih loyal terhadap perusahaan," ujar Wirson.

2. Apresiasi dan penghargaan

Memberikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja karyawan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan loyalitas mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan bonus, pujian, atau kesempatan untuk pengembangan diri. 

"Pastikan setiap karyawan diperlakukan dengan adil dan merasa dihargai atas kontribusi mereka terhadap perusahaan," kata Wirson.

3. Leader harus visioner

Sebagai seorang pemimpin, pemilik harus memiliki visi yang jauh ke depan. Pemilik bisnis harus mampu melihat ke masa depan dan mengarahkan perusahaannya menuju tujuan yang jelas. 

Menurut Wirson visi yang kuat dapat memberikan arahan dan motivasi bagi seluruh anggota tim. Lalu, akan membantu mereka untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama.

Leader juga harus pandai dalam menentukan pasar dan melihat peluang bisnis yang mungkin akan berkembang. Hal ini, akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang dijalankan.

4. Komunikasi terbuka dan efektif

Komunikasi yang terbuka dan efektif merupakan elemen penting dalam membangun tim yang solid. Pemilik usaha harus mampu menjembatani komunikasi antara atasan dan bawahan, serta antar karyawan. 

Ciptakan budaya di mana setiap orang merasa nyaman untuk menyampaikan ide, pendapat, dan keluhan mereka.

Ilustrasi bos

Photo :
  • http://spidolbekas.wordpress.com

5. Anggap karyawan adalah rekan

hal yang harus dimiliki pemimpin agar memiliki tim loyal dan solid adalah cara memperlakukan karyawan. Konsultan Bisnis Kerakyatan, Wirson menyebut jangan anggap karyawan atau tim bisnis adalah bawahan.

Anggap karyawan adalah rekan bisnis. Pasalnya, ketika karyawan merasa dihargai dan dihormati sebagai rekan dalam kepemimpinan, mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja keras dan mencapai tujuan bersama. 

Hal ini akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan dan mengurangi kemungkinan mereka untuk pindah ke pekerjaan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya