Tambah 44 Perjalanan di Hari Kerja, Waktu Tunggu LRT Jabodebek Kini Cuma 6 Menit

Penumpang padati stasiun LRT Jabodebek.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – PT KAI mulai Jumat, 1 Maret 2024 akan melakukan penambahan 44 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday). Sehingga, jumlah perjalanan LRT Jabodebek setiap harinya (pada weekday) akan menjadi 308 perjalanan, atau meningkat 16 persen jika dibandingkan periode sebelumnya.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono mengatakan, penambahan perjalanan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan bagi para pengguna LRT Jabodebek.

"Didasari tren jumlah pengguna yang semakin meningkat," kata Mahendro dalam keterangannya, Kamis, 29 Februari 2024.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

LRT Jabodebek.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menambahkan, dengan adanya penambahan jumlah perjalanan ini, maka per 1 Maret nanti headway LRT Jabodebek juga akan menjadi 6 menit pada lintas Cawang-Dukuh Atas, dan 12,5 menit pada lintas Harjamukti-Cawang serta Jatimulya-Cawang.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

KAI berharap, dengan penambahan jumlah perjalanan ini, minat masyarakat menggunakan LRT Jabodebek juga semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin semakin banyak masyarakat yang beralih dari transportasi pribadi ke LRT Jabodebek.

"Sehingga dapat mengurangi kemacetan serta polusi udara di ibu kota dan sekitarnya," ujarnya.

Mahendro menjelaskan, sejak bulan Desember tahun 2024 lalu, KAI melihat adanya pertumbuhan jumlah pengguna LRT Jabodebek, terutama pada saat hari kerja (weekday). Dari catatan KAI, jumlah pengguna LRT Jabodebek pada bulan Desember 2023 mencapai 1.029.686 pengguna.

"Sedangkan, pada bulan Januari dan Februari 2024, telah terjadi peningkatan jumlah pengguna menjadi sebanyak 1.200.399 pengguna (Januari) dan 1.202.087 pengguna (28 Februari)," kata Mahendro.

Dia meyakini, pertumbuhan jumlah pengguna ini menunjukkan semakin dipercayanya LRT Jabodebek, sebagai moda transportasi harian oleh masyarakat. Dengan berbagai perbaikan yang telah dilakukan selama ini oleh Kementerian Perhubungan, KAI, serta stakeholders terkait lainnya, LRT Jabodebek telah berhasil menjawab keinginan dan kebutuhan para penggunanya.

Selain itu, lanjut Mahendro, penambahan jumlah perjalanan LRT Jabodebek rencananya juga akan dilakukan pada akhir pekan (weekend). Dimana per 1 Maret 2024 nanti, jumlah perjalanan LRT Jabodebek pada akhir pekan akan menjadi 260 perjalanan, dari sebelumnya 240 perjalanan.

"Penambahan jumlah perjalanan itu membuat waktu tunggu antar kereta (headway) menjadi lebih singkat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya