Pertamina Jamin Stok BBM saat Lebaran 2024 Cukup, Tak Perlu Panic Buying

Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, dalam konferensi pers 'Satgas RAFI Pertamina Grup' di kawasan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Senin, 1 April 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT Pertamina (Persero) memproyeksi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) selama periode Lebaran 2024 akan meningkat hingga sekitar 5-6 persen.

Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Meski demikian, Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso memastikan, ketersedian pasokan BBM yang disiapkan Pertamina aman di periode Lebaran 2024 ini.

"Pertamina sudah menambah stok dari yang biasanya cukup untuk 18-20 hari, namun untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024 ini meningkat menjadi 30 hari," kata Fadjar dalam konferensi pers 'Satgas RAFI Pertamina Grup', di kawasan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Senin, 1 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Petugas mengisi BBM di SPBU Pertamina.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Dengan ketersediaan pasokan BBM hingga 30 hari tersebut, Fadjar pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan 'panic buying' atau memborong BBM. Karena, stok bahan bakar sepanjang Lebaran 2024 ini benar-benar dipastikan berada dalam kondisi aman.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

"Kepada masyarakat, kami imbau untuk tidak perlu melakukan pembelian secara berlebihan. Kami pastikan bahwa stok itu aman," ujar Fadjar.

Dia bahkan juga sempat mengimbau kepada masyarakat untuk membeli BBM non-subsidi seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite, atau Pertamax. Tujuannya yakni agar subsidi dari pemerintah dapat tepat sasaran, dan tersalurkan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Fadjar mengatakan, Pertamina tidak melakukan pembatasan pembelian Pertalite, melainkan akan terus mengimbau masyarakat untuk membeli BBM non-subsidi.

Selain itu, dalam rangka memastikan seluruh subholding dan anak usahanya siap memenuhi kebutuhan energi seluruh pelosok negeri saat libur Idul Fitri, Pertamina juga meluncurkan Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI).

"Karenanya, kami ingin menyampaikan dan mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak perlu khawatir terkait kebutuhan energi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya