Pembangunan Kantor Selesai Agustus 2026, Pimpinan OJK Siap Pindah ke IKN Mulai Tahun Ini

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Mirza Adityaswara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan, pembangunan gedung kantornya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur selesai pada Agustus 2026. Meski demikian, Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar dan pimpinan lainnya diperkirakan akan pindah ke IKN pada Juni 2024 ini. 

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Mirza Adityaswara mengatakan, berdasarkan Undang-undang OJK tahun 2011 disebutkan bahwa kedudukan OJK sebagai lembaga negara berada di ibu kota RI. Sehingga, sesuai dengan UU 3/2023 terkait penetapan ibu kota negara, maka OJK akan pindah ke Kalimantan Timur. 

"Terkait perpindahan satuan kerja OJK, jika nanti Keppres Ibu Kota Negara sudah terbit di bulan Juni atau Juli 2024. Maka secara bertahap OJK akan berada di IKN, walaupun gedung kantornya belum ada tapi pimpinan OJK akan berada di IKN," kata Mirza dalam konferensi pers, Selasa, 2 April 2024. 

Rampung Lebih Cepat, Gedung DPRD Gunungkidul yang Habiskan Rp36 M Bisa Dipakai Bulan Juli

Konsep Bangun Hutan Hujan Tropis di IKN

Photo :
  • Jhovanda (Kalimantan Timur)

Sedangkan untuk pegawai OJK, terang Mirza, baru akan dipindahkan ke IKN setelah pembangunan kantor OJK selesai. Artinya, pegawai akan pindah di akhir 2026.

UU DKJ Resmi Diteken Jokowi, Jakarta Masih Ibu Kota Negara

"Kemudian mulai di akhir tahun 2026 yang diperkirakan saat itu infrastruktur utama dan perumahan di area utama IKN sudah selesai dan sarana pendukung perekonomian sudah mulai terwujud walaupun secara bertahap. Maka OJK juga akan mulai memindahkan pegawai dari kantor pusat," terangnya. 

Mirza menjelaskan, untuk tahap pembangunan kantor OJK di IKN dimulai dari dari proses perancangan. Dalam hal ini pada Mei 2024 akan dimulai dengan proses pengadaan perancangan gedung. 

"Jadi di bulan Mei tahun ini adalah proses pengadaan perancangan gedung, pengukuran, pengujian daya dukung tanah, persiapan pengadaan konsultan, perancangan arsitektur," jelasnya. 

Lalu pada Juli tahun ini dilakukan proses perancangan gedung kantor yang mana dilakukan oleh konsultan perancang yang terpilih. 

"Dilanjutkan proses pengadaan kontraktor pembangunan itu di Maret 2025. Groundbreakingnya di Mei 2025, sehingga  diperkirakan pembangunan kantor pusat OJK tahap I itu selesai di Agustus 2026," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya