InJourney Airports Targetkan Layani 7,97 Juta Penumpang di Mudik Lebaran 2024

Jajaran Direksi Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, dalam 'Media Gathering: Kupas Tuntas Bersama InJourney Airports' di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – InJourney Airports menargetkan bisa melayani hingga 7,97 juta penumpang di 35 bandara kelolaannya selama pelaksanaan posko Lebaran pada 3-18 April 2024. Hal itu diungkapkan Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi. 

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

"Target penumpang tersebut naik 10 persen, dibandingkan realisasi pada musim mudik Lebaran 2023 yang mencapai 7,22 juta penumpang," kata Faik dalam 'Media Gathering: Kupas Tuntas Bersama InJourney Airports' di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April 2024.

InJourney Airports juga memprediksi terdapat 57.778 pergerakan pesawat selama posko Lebaran tahun ini. Posisi itu meningkat 7 persen, dibandingkan realisasi pergerakan pesawat pada posko Lebaran 2023 yang mencapai 54.193 pergerakan.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

"Sedangkan untuk pergerakan kargo ditargetkan mencapai 51.200 ton pada posko Lebaran 2024, atau naik 18 persen dibandingkan posko Lebaran 2023 yang mencapai 43.550 ton pergerakan," ujarnya.

Area Landasan Pacu Bandara Internasional Minangkabau

Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)
Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Faik menambahkan, ke-35 bandara yang dikelola perusahaan juga mengajukan 2.470 penambahan penerbangan (extra flight), yang akan ada di 14 bandara dengan dilayani oleh 12 maskapai. Yakni terdiri dari 9 maskapai nasional dan 3 maskapai asing. 

"Kami juga telah mendata 6 bandara yang akan beroperasi selama 24 jam, sesuai permintaan operator penerbangan," ujar Faik.

Keenam bandara tersebut antara lain yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Kuala Namu Medan, dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Pergerakan penumpang di Terminal 3, Bandara Soetta

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Dia juga memprediksi 3 bandara tersibuk pada periode posko Lebaran 2024, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Juanda Surabaya.

"Namun kami akan tetap memberikan pelayanan maksimal di seluruh bandara yang dikelola, agar para pengguna jasa bandara dapat bermudik dengan tenang, aman, dan nyaman," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya