Gita Wirjawan di Mata Pengusaha

Gita Wirjawan
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi melantik Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu. Presiden meminta Gita memperbaiki perdagangan dalam negeri untuk memperkuat perekonomian di tengah krisis global saat ini.

Lalu, bagaimana tanggapan pengusaha mengenai jabatan ini? Pengusaha kelapa sawit menanggapi bahwa sosok Gita Wirjawan yang juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu cukup berpengaruh di dunia investasi.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

"Dari segi perdagangan internasional, Gita itu adalah orang yang sukses di bidangnya," kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Fadhil Hasan kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Menteri Perdagangan sebelumnya, kata Fadhil, dianggap terlalu agresif terhadap perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement) dengan berbagai negara, sehingga mengakibatkan banyaknya barang impor yang masuk ke Indonesia. "Tugas Pak Gita, memperkuat pasar dalam negeri dan lebih berhati-hati dalam perjanjiian FTA," ungkapnya.

Sementara itu, Fadhil melanjutkan, terkait jaringan Mendag terdahulu yang cukup kuat di dunia internasional, seperti di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), tugas Gita juga harus bisa mendekati jaringan internasional. "Saya kira beliau mampu," kata Fadhil.

Sosok Gita sebagai Menteri Perdagangan, menurut Fadhil, tidak ada masalah selama tidak terjadi perubahan kebijakan yang cukup drastis di sektor perdagangan. "Selain mendorong liberalisasi pasar, juga harus memperhatikan sektor dalam negeri," tuturnya. (art)

Rizky febian dan Mahalini Resmi Menikah pada Jumat, 10 Mei 2024

Pujian Keluarga Rizky Febian untuk Mahalini Raharja

Sempat tuai pro dan kontra atas hubungan mereka semasa pacaran dahulu, kini Rizky Febian membuktikan bahwa ia sudah berhasil membuat Mahalini menjadi mualaf.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024