Sepuluh Merek Batik Terpopuler di Indonesia

Batik.
Sumber :
  • ImageDynamics

VIVA.co.id - Tidak dapat dipungkiri, batik kini adalah salah satu hal yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. Walau tidak berbaju batik atau hanya memiliki satu lembar batik yang diragukan asal-muasalnya, apakah buatan Indonesia atau buatan Tiongkok, orang Indonesia sangat bangga jika mendengar batik disebut-sebut apalagi oleh bangsa lain.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Dan cukup gerah jika mendengar negara tetangga menyebut-nyebut batik sebagai kebanggaan mereka pula. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO sebagai organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB telah menetapkan batik Indonesia pada keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan dan budaya yang terkait, sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Inilah yang membuat batik Indonesia tidak bisa diklaim oleh bangsa lainnya. Pada awalnya teknik pewarnaan menggunakan malam sudah dikenal sejak abad ke-4 SM dan menyebar mulai dari benua Afrika hingga Asia.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing
Jalanan di China Ambruk (Doc: Xinhua)

Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas

Korban tewas akibat ambruknya jalan raya di Tiongkok selatan menjadi 36 orang, sementara tim darurat terus berupaya untuk menyelamatkan mobil-mobil dari lokasi kejadian.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024