Proyek LRT Bandung Raya Ditarget Dibangun Maret 2016

Proyek LRT Bandung Raya Ditarget Dibangun Maret 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yadi
VIVA.co.id - Pemerintah Kota Bandung memastikan moda transportasi massal light rapid transit (LRT) akan mulai dibangun tahun ini. Pembangunan LRT itu melibatkan perusahaan operator transportasi publik asal Singapura, SMRT Corporate Singapore Ltd.
Ridwan Kamil Tak Larang Warganya Ikut Demo Ahok

Untuk memastikan kerja sama itu dijalin, Wali Kota Ridwan Kamil dan perwakilan dari SMRT Singapura telah bertemu di Bandung pada Selasa 2 Februari 2016. Wali Kota memastikan proyek LRT di Kota Bandung pada pekan ini sudah memasuki tahap finalisasi.
Keren, Pengamen Cilik Main Musik Seperti Orkestra

"Ada kabar baik, pekan ini Perpres (Peraturan Presiden) LRT Bandung Raya sedang finalisasi dan dalam waktu dekat ditandatangani Presiden. Artinya, nanti akan dikerjakan konsorsium, dan dipastikan akan groundbreaking (peletakan batu pertama) tahun ini," kata Wali Kota.
Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap

Khusus koridor I Bandung Utara ke Bandung Selatan akan dipisahkan proses lelangnya sehingga terhindar dari permasalahan. "Karena lelangnya dipisah dengan koridor II sehingga enggak ada masalah. Koridor II oleh konsorsium, koridor I juga siap, tinggal dikerjakan. Jadi, tahun ini dua-duanya bisa dikerjakan bareng," ujarnya.

Wali Kota juga menambahkan bahwa teknologi yang ditawarkan lebih murah dan cicilan yang akan ditanggung Pemerintah kota pun tergolong murah. Selain itu, beban yang akan ditanggung masyarakat, saat menggunakan LRT nantinya juga relatif murah. 

"Untuk koridor I Bandung utara ke selatan tipe LRT Group Rapid Transit jenis baru ini menggunakan teknologi magnet dengan asumsi ongkos termurah, yaitu Rp6.000 hingga Rp8.000 per orang," kata Wali Kota.

Group Rapid Transit itu apabila dihitung sangat jauh dibandingkan dengan MRT (mass rapid transit) dari segi nilai investasinya. “Investasinya sangat murah, sekitar USD 260 juta bila dibandingkan dengan monorel yang bisa sampai USD 500 juta. Ini berarti hampir setengahnya. Selain murah, GRT ini manuvernya bahkan kecil dan bisa belok 90 derajat sehingga lebih memerlukan ruang gerak yang sedikit dibanding MRT," katanya.

Wali Kota berharap, pembangunan LRT Bandung Raya dapat dilaksanakan mulai Maret 2016. "Dalam sebulan ini, kemungkinan SMRT Singapura yang menjadi pemenang karena tidak ada lawan. Tadi sudah saya targetkan pengumuman lelang resmi di bulan Maret. Setelah itu, untuk groundbreaking cuma menunggu izin dari Kementerian Perhubungan," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya