Viktor Orban Bakal Jadi PM Hongaria untuk Keempat Kalinya

PM Hungaria Viktor Orban
Sumber :
  • REUTERS/Bernadett Szabo

VIVA – Viktor Orban diprediksi akan terpilih kembali sebagai Perdana Menteri Hongaria untuk yang keempat kalinya. Pemimpin nasionalis itu menggambarkan dirinya sebagai penyelamat budaya Kristen Hongaria dan sebagai antimigrasi Muslim ke Eropa.

Kasus COVID-19 Harian Hongaria Naik ke Level Tertinggi

Dengan total 98,5 persen suara yang telah dihitung, partai antimigrasi pimpinan Orban, Partai Fidesz, memenangkan pemilihan Parlemen dengan 48,5 persen suara. Hasil ini memungkinkan partai tersebut mempertahankan kursi mayoritas  di Parlemen nasional dengan memiliki 133 dari 199 kursi.

Orban mengatakan, kemenangan besar partainya adalah kesempatan untuk membela negara Hongaria.

Politikus Eropa Ini Disorot, Ikut Pesta Seks Gay Saat Lockdown

"Kami telah menang. Hongaria telah mendapatkan sebuah kemenangan besar," kata Orban di hadapan para pendukungnya, seperti diberitakan Independent, Senin 9 April 2018.

Viktor Orban dalam kampanyenya selalu menyuarakan dengan keras mengenai kebijakan anti-imigrasi. Meski demikian, banyak pemilih mengatakan bahwa mereka lebih peduli dengan isu kemiskinan juga korupsi pemerintah yang meningkat sementara sistem kesehatan negara tidak didanai dengan baik.

Ekosistem Digital RI Menjanjikan, Hongaria Genjot Kerja Sama Bisnis

Sementara itu, potensi kuat kemenangan Orban membuatnya akan lebih berani untuk melawan kebijakan ramah migrasi di Uni Eropa.

Orban merupakan Perdana Menteri pasca-Komunis Hungaria yang paling lama menjabat. Dia selama ini menentang integrasi dari masuknya pengaruh luar ke negaranya. (ren)
 

Sejumlah pengungsi warga Ukraina tiba di Hongaria

Serangan Rusia, Ribuan Pengungsi Warga Ukraina Tiba di Hongaria

Ribuan warga Ukraina dilaporkan tiba ke sejumlah negara yang berbatasan langsung menyusul serangan militer Rusia ke Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2022