Logo BBC

Trump-Kim Batal Bertemu, AS Kirim Utusan ke Korea Utara

Kim Jong-un dilaporkan menghendaki pertemuan dengan Trump tetap dapat terlaksana. - Reuters
Kim Jong-un dilaporkan menghendaki pertemuan dengan Trump tetap dapat terlaksana. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Para pejabat Amerika Serikat dilaporkan telah berkunjung ke Korea Utara untuk merundingkan kemungkinan pertemuan puncak antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Delegasi Amerika Serikat yang dipimpin oleh mantan Duta Besar AS untuk Korea Selatan, Sung Kim, dijadwalkan akan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui, Senin (28/05).

Delegasi Amerika Serikat dan tuan rumah Korea Utara diyakini akan memusatkan perhatian pada rincian kesepakatan denuklirisasi yang dapat dibahas dalam rencana pertemuan puncak di Singapura Juni mendatang.

Tim aju AS ke Singapura

Jika jadi terwujud, pertemuan ini akan menjadi puncak dari segala upaya diplomasi yang dimulai tahun ini untuk mencegah konfrontasi militer antara Korea Utara, yang bersenjatakan nuklir, dan Korea Selatan serta sekutunya, Amerika Serikat.

Sejak Presiden Trump membatalkan pertemuan pekan lalu, kedua pihak tampak berusaha menghidupkan kembali rencana itu. Sedianya pertemuan akan digelar pada tanggal 12 Juni di Singapura, sampai Trump membatalkan rencana pertemuan.

Tidak lama setelah pengumuman pembatalan, Trump kemudian mengutarakan bahwa rencana pertemuan itu "belum berubah" dan dirinya masih berharap pertemuan masih bisa digelar.