Logo ABC

Gempa Bumi 7,1 Skala Richter Guncang Kaledonia Baru

Lokasi gempa di Kaledonia Baru.
Lokasi gempa di Kaledonia Baru.
Sumber :
  • abc

Gempa bawah laut berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang kawasan di dekat Kaledonia Baru di Pasifik Selatan. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gempa itu memicu gelombang tsunami kecil.

External Link: #NewCaledonia: 7.1-magnitude #earthquake recorded near Ile Hunter Island on August 29; maintain vigilance for #aftershocks

Gempa itu terjadi pada pukul 1:50 AEST di kedalaman dangkal 10 kilometer, 372 kilometer di sebelah timur ibukota New Caledonian, Noumea. Awalnya gempa ini dilaporkan berkekuatan 7 Skala Richter.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami di seluruh Pasifik, tetapi mereka mengatakan telah terjadi gelombang setinggi 17 Centimeter mencapai pantai Loyalty Islands, 250 Kilometer barat pusat gempa.

Gelombang tsunami setinggi satu meter di atas permukaan air pasang mungkin terjadi di sepanjang pantai Fiji, Kaledonia Baru, dan Vanuatu.

Tidak ada kerusakan yang dilaporkan.

"Kami merasakannya dan mereka merasakannya lebih kuat di Kepulauan Loyalty," kata juru bicara Pertahanan Sipil Olivier Ciry melalui telepon dari Noumea.