Logo BBC

Rajin Berdonasi, Indonesia Negara Paling Dermawan se-Dunia

Serang petugas bank menghitung pecahan uang rupiah
Serang petugas bank menghitung pecahan uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Untuk pertama kalinya, Indonesia disebut sebagai negara yang paling dermawan di dunia, menurut survei yang dilakukan lembaga amal Inggris, Charities Aid Foundation (CAF).

Dalam laporan yang dirilis awal pekan ini, Indonesia berada di peringkat teratas dengan skor 59. Australia dengan skor yang sama menempati urutan dua, disusul Selandia Baru, Amerika, dan Irlandia.

Ada tiga aspek kebaikan yang diukur dalam laporan tersebut, yaitu `membantu orang yang tidak dikenal`, `memberi sumbangan`, dan `menjadi relawan`. Survei lapangan dilakukan oleh lembaga riset Gallup melibatkan kurang lebih 150.000 responden dari seluruh dunia.

Indonesia berada di peringkat atas didorong oleh faktor `memberi sumbangan` yang tinggi, yaitu 78 poin.

Selain itu, keterlibatan warga Indonesia dalam kegiatan kerelawanan juga termasuk unggul dibanding negara-negara lain. Dalam aspek `kerelawanan` Indonesia paling tinggi dengan skor 53% diikuti oleh Liberia dan Kenya.


Sejumlah mahasiswa mengumpulkan donasi dalam bencana kabut asap tahun 2015 lalu. - Getty Images

Namun laporan tersebut mengatakan skor Indonesia tidak mengalami peningkatan signifikan dari tahun lalu. Indonesia yang berada di posisi nomor dua tahun lalu bisa naik peringkat karena mengalami penurunan drastis.