Kim Jong-un Coba Lepaskan Diri dari Bayang-bayang Sang Ayah

Pemimpin Korut Kim Jong-un (kanan) dan Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel (kiri)
Sumber :
  • KCTV/Sumber BBC

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya membuat potret diri resmi pertamanya yang biasanya menjadi simbol yang dipuja di negara itu sebagaimana pemimpin Korut dari generasi ke generasi. Potret diri resmi Kim Jong-un pertama kali dipampang kepada publik saat kunjungan Presiden Kuba, Miguel Díaz-Canel.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Adanya foto potret diri resmi ini biasanya akan diletakkan di tempat-tempat strategis bahkan menjadi sebuah tanda pemujaan rakyat terhadap pemimpinnya. Peran Kim Jong-un memang awalnya bagai sekadar suksesor terhadap sang ayah namun perlahan dia ingin mengubah citra itu yang mulai ditunjukkan dalam momen sejumlah kunjungan pemimpin dunia ke negara tersebut.

Dikutip dari laman BBC, potret besar itu memperlihatkan gaya busana Kim yang formal, setelan jas yang lengkap dengan menggunakan dasi. Kim dalam foto dirinya itu terlihat tersenyum lebar.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Sebelumnya diketahui bahwa foto-foto besar maupun lukisan Kim Jong-un memang belum menjadi potret resmi yang dipajang dari waktu ke waktu di objek vital negara itu.

"Foto diri menunjukkan figur sosok Kim Jong-un yang ingin mulai menonjol dan menjadi simbol rezim dan siap menjadi kultus baru," kata analis NK News, Oliver Hotham.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Kim Jong-un diketahui kembali ke negaranya tahun 2011 setelah kematian sang ayah yang tak terduga pada tahun itu. Bagi sebagian kalangan, dia dianggap sebagai sosok yang kurang berpengalaman dan sebenarnya belum cukup kuat dipersiapkan untuk melanjutkan tampuk pemerintahan menjadi seorang pemimpin masa depan. Namun dengan kondisi tersebut, Kim harus memimpin Korut. Pada tahun ini, dia siap melepaskan diri dari bayang-bayang sang ayah. (ren)

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024