Logo BBC

Petinggi Gereja Katolik di India 'Gagal Dukung Korban Pelecehan'

Kardinal Oswald Gracias.-Getty Images
Kardinal Oswald Gracias.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Salah satu kardinal paling senior di gereja Katolik di India mengaku dia semestinya bisa berbuat lebih baik dalam menangani sejumlah tuduhan pelecehan seksual yang diadukan kepadanya.

Oswald Gracias, selaku Uskup Agung Mumbai, adalah satu dari empat pria yang menangani konferensi Vatikan mengenai pelecehan anak pada pekan ini.

Kami menemukan dua kasus terpisah yang diduga gagal ditanggapi cepat oleh sang kardinal. Pria yang disebut-sebut bakal menjadi Paus selanjutnya itu juga dituduh tidak memberikan sokongan kepada para korban.

Para korban dan orang-orang yang mendukung mereka menuding Kardinal Gracias tidak menanggapi dugaan pelecehan secara serius ketika mereka melaporkan kasus-kasus itu kepadanya.

Sejumlah umat Katolik di India mengatakan ada budaya ketakutan dan bungkam di Gereja Katolik tentang pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh pastor.

Adapun mereka yang lantang menyuarakannya mengaku menempuh perjuangan sulit.

`Kepala saya sakit`

Kasus pertama dilaporkan pada 2015 di Mumbai.

Kehidupan seorang perempuan berubah drastis ketika putranya baru pulang dari misa di gereja dan mengatakan bahwa pastor telah memperkosanya.

"Saya tidak paham, apa yang harus saya lakukan," kata perempuan tersebut.

Saat itu dia memang tidak tahu, tapi rangkaian kejadian selanjutnya menempatkannya berhadapan dengan Gereja Katolik di India.