Logo BBC

Krisis Sudan: Militer Dituduh Memperkosa Para Gadis di Tengah Demo

- AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Sebuah kesatuan yang merupakan bagian dari aparat keamanan Sudan memerkosa perempuan selagi membubarkan para demonstran di luar markas besar militer 12 hari lalu, kata sejumlah saksi mata kepada BBC.

Pejabat militer membantah tuduhan tersebut, namun Khalid (bukan nama sebenarnya) menceritakan kepada BBC tentang serangan seksual yang dia saksikan saat penindakan brutal pada hari itu.

Tatkala penembakan berlangsung sesaat setelah salat subuh, dia berlari mencari tempat berlindung di bangunan sekitar bersama demonstran lainnya.

Namun, ketika dua pemuda ini bersembunyi di sebuah ruangan di lantai atas, mereka mendengar suara jeritan. Didorong rasa keingintahuan, mereka mengintip ke bawah ke arah anak tangga.

"Kami melihat enam serdadu memerkosa dua gadis," ujar Khalid kepada BBC.

Khalid dan temannya berupaya mengintervensi dengan cara berteriak `pergi sana, pergi" ke arah para serdadu Pasukan Pendukung Cepat (RSF) yang lebih populer dengan sebutan Janjaweed.

Alih-alih menyudahi aksi mereka, para serdadu itu malah melepaskan tembakan ke Khalid dan temannya.

`Dia berupaya memerkosa saya`

Saat kedua pemuda itu akhirnya berhasil menuruni anak tangga, para serdadu sudah tidak di sana. Yang ada, perempuan muda dalam keadaan kalut.