Logo ABC

Wabah Corona di Selandia Baru Bikin Pejabat Potong Gajinya Sendiri

PM Selandia Baru Jacinda Ardern sedang mempertimbangkan membuka perbatasan dengan Australia dan juga dengan Singapura.
PM Selandia Baru Jacinda Ardern sedang mempertimbangkan membuka perbatasan dengan Australia dan juga dengan Singapura.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Selandia Baru mengatakan sedang mempertimbangkan untuk membuka kembali perbatasan dengan Australia. Sementara itu, ada puluhan warga Indonesia yang masih "terdampar" di Selandia Baru.

Selandia Baru pertimbangkan buka perbatasan dengan Australia dan Singapura. Ada 20 WNI yang baru bisa pula jika Selandia Baru membuka perbatasannya. PM Jacinda Ardern memotong gajinya sebanyak 20 persen selama enam bulan.

Selandia Baru sudah mencatat 1.400 kasus COVID-19, sementara Australia terus mencatat penurunan penularan baru selama dua minggu terakhir.

Keberhasilan tersebut membuat Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters mengatakan negaranya mungkin akan membuka perbatasan dengan Australia lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Angka yang ada hampir sama dengan Australia dan bila angka tetap seperti sekarang, kemungkinan pembukaan perbatasan serius dipertimbangkan." katanya.

Tapi pihak Australia, seperti yang dikatakan PM Scott Morisson, tidak sedang mempertimbangkan untuk mengubah kebijakannya soal penutupan perbatasan negaranya saat ini.

Perdana Menteri Jacinda Ardern juga sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk membuka kembali perbatasannya dengan Singapura.