Arab Saudi Gunakan Dexamethasone untuk Obati Pasien Covid-19

Kementerian Kesehatan Saudi menggunakan obat Dexamethasone untuk Covid-19
Sumber :
  • Saudi Gazette

VIVA – Kementerian Kesehatan Arab Saudi (Kemenkes) mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka telah menyetujui penggunaan Dexamethasone untuk pengobatan coronavirus.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Dilansir SaudiGazette, Kamis, 18 Juni 2020, obat yang merupakan jenis kortison itu telah terakreditasi dan dimasukkan dalam protokol perawatan pasien Covid-19 rawat inap yang membutuhkan oksigen di unit perawatan intensif di rumah sakit.

Dexamethasone adalah steroid generik yang banyak digunakan untuk mengurangi peradangan. Obat ini membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengalami overdrive ketika mencoba melawan coronavirus.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kementerian mengatakan bahwa ada penelitian ekstensif yang sedang berlangsung dan beberapa hasilnya menunjukkan bahwa obat ini mengurangi risiko kematian pasien Covid-19, yang menggunakan ventilator di unit perawatan intensif, sebesar 35 persen.

Obat ini juga diklaim menurunkan tingkat kematian pasien yang menggunakan oksigen tetapi tidak menggunakan ventilator sebesar 20 persen.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Kementerian Kesehatan menekankan bahwa mereka terus memperbarui protokol terapeutik untuk pasien coronavirus dengan menambahkan obat apapun yang berdampak positif pada pasien. Di saat yang sama, juga terus mengikuti perkembangan penelitian terkait Covid-19 di seluruh dunia.

Sejak awal wabah pandemi, Kerajaan telah bersiap untuk mengembangkan protokol perawatan yang terus diperbarui oleh komite ilmiah khusus dan didistribusikan kepada dokter yang menindaklanjuti dan merawat pasien yang terinfeksi virus corona.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia John Chen.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Taiwan berharap dapat meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang medis.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024