Logo BBC

Uji Coba Protein Obati COVID-19, Peluang Sembuh Dua-Tiga Kali Lipat

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kaye Flitney
BBC Panorama
Kaye Flitney adalah salah satu dari 75 pasien yang menjalani uji klinis.

Hasil awal dari uji klinis menunjukkan pengobatan baru Covid-19 secara dramatis dapat menekan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan intensif, menurut perusahaan Inggris yang sedang mengembangkan percobaan ini.

Uji coba pengobatan dari perusahaan bioteknologi Synarigen yang berbasis di Southampton, menggunakan protein yang disebut interferon beta yang diproduksi oleh tubuh ketika terinfeksi virus.

Proten ini dihirup langsung ke dalam paru-paru pasien yang positif virus corona, dengan menggunakan nebuliser (alat untuk memasukan obat dalam bentuk uap ke dalam paru-paru), dengan tujuan dapat menjadi stimulus imun tubuh.

Temuan awal menunjukkan pengobatan ini dapat mengurangi kemungkinan pasien Covid-19 dengan gejala berat termasuk yang membutuhkan alat bantu ventilator, hingga 79%.

Pasien-pasien yang diuji menunjukkan peluang sembuh dua atau tiga kali lipat lebih tinggi sampai ke titik di mana kegiatan mereka sehari-hari tidak terganggu, kata Synairgen.

Synairgen mengatakan uji coba ini juga menunjukkan sesak napas yang dialami pasien mengurangi pengurangan "sangat signifikan".

Selain itu, rata-rata waktu yang dihabiskan pasien di rumah sakit dapat berkurang sepertiganya. Bagi pasien yang menerima pengobatan ini bisa pulang dari rumah sakit dari semula diperkirakan sembilan hari menjadi enam hari.