Logo ABC

Di Tengah Pandemi COVID-19, Gelombang Panas Ancam Australia

Kondisi gelombang panas akan terjadi mulai hari Jumat hingga Minggu pekan ini di hampir seluruh wilayah Australia kecuali Tasmania.
Kondisi gelombang panas akan terjadi mulai hari Jumat hingga Minggu pekan ini di hampir seluruh wilayah Australia kecuali Tasmania.
Sumber :
  • abc

Musim panas tahun ini belum lama berlangsung di Australia namun kondisi gelombang panas diperkirakan mulai terjadi pada akhir pekan. Di Adelaide, suhu udara 40 derajat Celcius akan berlangsung selama tiga hari.

  • Sebagian besar wilayah Australia diperkirakan mengalami kondisi gelombang panas pada akhir pekan
  • Suhu udara di Adelaide akan mencapai 40 derajat Celcius selama tiga hari, bahkan wilayah pedalamannya akan mencapai 47C
  • Warga diminta untuk mengecek kerabat dan keluarga yang berusia lanjut dan yang membutuhkan bantuan saat terjadi suhu panas

Biro Meteorologi Australia (BOM) menyebutkan kondisi gelombang panas kategori tinggi akan menerjang sebagian besar wilayah dengan sumber suhu panas yang bergerak dari bagian tengah benua ini.

BOM menetapkan kondisi gelombang panas terjadi bila suhu udara maksimum dan minimum mengalami kenaikan dari biasanya selama tiga hari atau lebih.

Gelombang panas dibagi dalam tiga kategori yaitu ekstrim, bila dapat menimbulkan dampak pada infrastruktur, transportasi, energi, pertanian, cedera pada orang sehat maupun yang rentan.

Kategori gelombang panas tinggi terjadi bila membawa dampak bagi kesehatan orang yang rentan. Sedangkan kategori ringan bila tingkat suhu panas tidak biasa namun secara umum tidak menimbulkan dampak kesehatan.

Di mana saja gelombang panas akan menerjang?