Logo DW

Jerman Berencana Sedikit Longgarkan Pembatasan Corona Saat Natal

SvenSimon/picture alliance
SvenSimon/picture alliance
Sumber :
  • dw

Setelah didorong oleh Kanselir Angela Merkel untuk memberikan “jawaban yang kohesif dan kolektif," para perdana menteri negara bagian di Jerman akhirnya menyetujui langkah-langkah penguncian baru terkait virus corona untuk bulan Desember, dan bahkan Januari tahun depan.

Mereka juga memasukkan amnesti kecil atau semacam pelonggaran selama periode Natal, yaitu dari tanggal 23 Desember sampai 1 januari 2021, demikian menurut rancangan proposal yang beredar pada hari Selasa (24/11).

Setelah upayanya dalam mengintensifkan beberapa aspek penguncian di Jerman ditolak, Merkel akhirnya mengembalikan tanggung jawab kepada para pemimpin regional untuk membuat sebuah pengaturan yang bisa mereka sepakati bersama. Para pemimpin regional tersebut dijadwalkan akan mempresentasikan proposal final mereka kepada kanselir pada Rabu (25/11).

Berikut beberapa poin penting dari draf proposal tersebut.

Lockdown parsial diperpanjang

Pembatasan yang sudah diberlakukan November ini ditetapkan untuk diperpanjang setidaknya tiga minggu hingga 20 Desember mendatang.

Hotel, restoran, dan pusat kebugaran akan tetap ditutup. Warga diminta sebisa mungkin tinggal di rumah, dan menghindari perjalanan dan kontak yang tidak perlu.