Logo DW

Jerman Peringati 25 Tahun Hari Korban Kejahatan Nazi Hitler

Reuters/F. Bensch
Reuters/F. Bensch
Sumber :
  • dw

Para pejabat pemerintahan, anggota parlemen dan perwakilan komunitas Yahudi di Jerman berkumpul untuk mengenang dan memberi penghormatan kepada jutaan korban Nazi Hitler pada Hari Korban Kejahatan Nazi, 27 Januari, yang diperingati sejak 25 tahun lalu.

Ketua Bundestag, Wolfgang SchÃuble, akan membuka upacara 25 tahun Hari Korban Kejahatan Nasional Sosialisme itu, yang digelar secara online dan dimulai dengan upacara kebaktian. Daftar pembicara tamu yang muncul selama acara itu termasuk Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Kanselir Angela Merkel, mantan Ketua Dewan Pusat Yahudi di Jerman, yang juga penyintas Holocaust, Charlotte Knobloch, dan penulis dan politisi muda Marina Weisband.

Charlotte Knobloch yang berusia 88 tahun mewakili generasi penyintas Holocaust, sementara Marina Weisband yang berusia 33 tahun dan datang ke Jerman dari Ukraina sebagai anak-anak, mewakili generasi yang lahir setelah peristiwa Holocaust.

1700 tahun kehidupan Yahudi di Jerman

Hari Korban Kejahatan Nazi didekalarasikan 27 Januari 1996 oleh Presiden Jerman saat itu, Roman Herzog. Tanggal 27 Januari dipilih untuk memperingati pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz yang terletak di Polandia (dengan nama lokal Oświęcim) oleh Tentara Merah Uni Soviet pada tahun 1945.

Peringatan tahun ini juga ditandai dengan perayaan 1700 tahun kehidupan Yahudi di di Jerman. Menurut catatan sejarah, pada tahun 321 Kaisar Romawi Konstantin yang pertama kali menyebut komunitas Yahudi di Jerman dengan dekrit tentang warga Yahudi di kota KÃln.

Upacara resmi di Bundestag akan diakhiri dengan presentasi gulungan Torah dari Salzbach (Slazbacher Torah) yang ditulis tahun 1793 dan telah direparasi di Israel. Gulungan itu melambangkan kewajiban negara Jerman untuk melindungi kehidupan Yahudi di wilayahnya.