Logo DW

Bagaimana Virus Corona Mengubah Desain Kantor Masa Depan

DW
DW
Sumber :
  • dw

Jutaan pekerja kantor di seluruh dunia telah beralih bekerja dari rumah sejak dimulainya pandemi corona pada awal tahun 2020. Karena kantor kosong dan pekerjaan terus berjalan, banyak pengusaha berpikir dua kali tentang mahalnya biaya ruang kerja komunal.

Google, Twitter, Microsoft, dan banyak perusahaan lain, besar dan kecil, mengatakan mereka berencana untuk tetap menerapkan pola kerja dari rumah, juga setelah pandemi selesai. Pakar kesehatan juga menyarankan hal ini dengan mengatakan, pandemi corona ini bukan pandemi terakhir yang harus ditangani dunia.

Pandemi corona memang mengubah drastis pandangan terhadap ruang kerja dan perkantoran. Bagi para arsitek dan mereka yang berada di sektor konstruksi bangunan, hal ini juga mulai mengubah cara mereka merancang ruang perkantoran masa depan.

Virus corona bawa banyak masalah, tapi banyak juga solusi

"Satu aspek menarik dari krisis COVID saat ini adalah kesempatan untuk mengamati perubahan dan adaptasi dalam industri kami secara real time," kata TJ Chambers, perancang proyek di USA Architects di Pennsylvania kepada DW.

"Arsitek umumnya adalah pemecah masalah, yang ditugaskan untuk mencerna data dalam jumlah besar dan mengonfigurasi solusi untuk memenuhi berbagai tujuan yang ditetapkan pada awal proyek," katanya. Pandemi menawarkan banyak masalah bagi untuk dipecahkan.

"Di tengah krisis kesehatan global, kami mendapati diri kami mengajukan banyak pertanyaan," kata Chambers, yang perusahaannya sebagian besar fokus pada pembangunan sekolah. "Apa yang terjadi ketika rumah juga menjadi ruang kerja? Bagaimana ruang publik dapat ditata ulang untuk meringankan perjuangan yang sedang dihadapi banyak bisnis dalam iklim seperti itu? Apa yang dapat kita pelajari dari pandemi ini dan diterapkan menghadapi tantangan masa depan?"