Logo BBC

Ilmuwan perempuan Indonesia Memburu Penawar Kanker ke Dalam Laut

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Laut Indonesia menyimpan banyak sumber daya alam yang berpotensi menjadi sumber obat. Baru-baru ini, seorang peneliti mulai mengeksplorasi invertebrata laut untuk menemukan penawar kanker payudara.

Peni Ahmadi, ilmuwan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mencari senyawa bioaktif dari invertebrata laut di Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pengobatan yang lebih aman dan memberi lebih sedikit efek samping.

Proposal penelitiannya, `Potent Drug-lead from Indonesian Marine Invertebrates to Suppress Breast Cancer`, mendapatkan penghargaan L`Oreal-UNESCO for Women in Science 2021.

Penghargaan berupa beasiswa penelitian itu diberikan kepada ilmuwan perempuan muda berprestasi di bidang sains hayati dan non-hayati. Tahun ini, Peni menjadi salah satu dari empat peneliti perempuan Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

Ilmuwan berusia 33 tahun itu meneliti produk alami laut sejak kuliah, dan memilih terapi kanker sebagai topik studi pasca doktoralnya. Pada penelitian terbaru ini, ia mulai berfokus pada kanker payudara.

Kepada BBC News Indonesia, Peni mengatakan ia terdorong melakukannya setelah menyaksikan orang-orang terdekatnya menderita kanker payudara. Beberapa di antara mereka mengalami kondisi yang begitu parah, hingga payudaranya berdarah dan bahkan harus diangkat.

"Kita sesama perempuan merasa… Kalau bisa aku ingin mengurangi rasa sakit dia. Maksudnya, ingin mencari obat yang bisa meringankan dan membantu menyembuhkan," katanya dengan haru.

Dalam penelitian ini, Peni menyelam di beberapa lokasi di Indonesia untuk mengambil sampel berbagai jenis invertebrata laut. Namun, ia mengatakan, potensi terbesar kemungkinan ada pada spons laut (marine sponge).

`Spongebob` untuk penawar kanker