Situasi di Kazakhstan Memanas, WNI Diimbau Tak Bepergian Keluar Rumah

Fadjroel Rachman
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Gelombang demonstrasi yang dilakukan masyarakat untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar di Kazakhstan, membuat kondisi di negara tersebut memanas. Hal itu pun menimbulkan kekhawatiran bagi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kazakhstan.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Dubes RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman mengeluarkan surat imbauan untuk WNI yang bermukim di Kazakhstan. Jangan sampai WNI di sana terkena dampak dari aksi demonstrasi tersebut.

"(WNI di wilayah Kazakhstan) untuk selalu waspada, menjauhi kerumunan, tidak bepergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal yang penting," demikian bunyi surat imbauan yang ditandatangani Kamis, 6 Desember 2021.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Melalui surat tersebut, Fadjroel juga meminta WNI untuk mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Kemudian, WNI juga harus menjaga ketertiban dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat.

Berpantun, Dubes Iran Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Rakyat Indonesia

"Tidak memberikan komentar yang bersifat publik terhadap perkembangan situasi dalam negeri Kazakhstan," ujarnya.

Kedubes RI di Kazakhstan juga mengimbau WNI terus berkomunikasi menyampaikan perkembangan terbaru. 

"Berkomunikasi dengan KBRI melalui grup WNI maupun jalur-jalur komunikasi yang memungkinkan untuk memberi update kondisi masing-masing dan melaporkan hal-hal yang penting diketahui bersama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya