Chee Wanita Tionghoa Tulus Besarkan Rohana dan Biarkan Tetap Muslim

Rohana Abdullah (22) bersama ibu angkatnya, Chee Hoi Lan
Rohana Abdullah (22) bersama ibu angkatnya, Chee Hoi Lan
Sumber :
  • Harian Metro/Agus via Antara

VIVA – Kisah tentang Rohana, gadis berdarah Indonesia yang berusia 22 tahun dan sejak lahir tinggal di Malaysia amat mengharukan. Kisahnya viral di media sosial hingga kemudian mendapat perhatian dari Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri.

Rohana Abdullah dibesarkan ibu angkatnya seorang keturunan China Malaysia yang amat menyayanginya. Bahkan meskipun Chee Hoi Lan bukan seorang penganut Islam, dia membesarkan Rohana dan tetap membiarkan Rohana menjadi Muslim. Bahkan Rohana berhijab.

Dia merawat Rohana sejak gadis itu usia 2 bulan karena disebutkan bahwa ibu Rohana adalah petugas kebersihan di sekolah Chee bekerja. Rohana ditinggalkan saat ibunya akhirnya pulang ke Indonesia.

Kehidupan penuh kasih antara ibu angkat dan gadis itu kemudian membuat pemerintah Malaysia berdia memberikan identitas dan status kewarganegaraan kepada Rohana. Hal itu disampaikan PM Malaysia melalui akun Instagram pada Senin, 17 Januari 2022.

"Rohana dibesarkan dengan baik dan mendapat didikan agama Islam walaupun berbeda agama dengan ibu angkatnya," dalam caption Instagram Ismail. Dia mengatakan dia sudah menghubungi Rohana untuk membantunya mengatasi masalah dokumen identitas.

PM Malaysia terharu dan menyebut kisah Rohana dan ibunya Chee, perempuan Tionghoa itu adalah gambaran keluarga yang penuh kasih sayang dan rukun dalam perbedaan.

Sementara ayah biologis Rohana yang disebut warga Malaysia tidak diketahui keberadaannya.