Merck Sepakat Pasok 3 Juta Paket Obat COVID-19 ke Lebih 100 Negara

Ilustrasi obat COVID-19.
Ilustrasi obat COVID-19.
Sumber :
  • Health Europa

VIVA – Merck & Co Inc beserta perusahaan farmasi mitranya, Ridgeback Biotherapeutics mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) untuk penyediaan hingga tiga juta paket pil anti COVID-19.

Merck akan memasok obat antiviral tersebut, molnupiravir, kepada UNICEF sepanjang semester pertama 2022 untuk didistribusikan ke lebih dari 100 negara dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, setelah ada izin penggunaan, kata perusahaan itu, Selasa 18 Januari 2022.

Pil itu telah mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan Amerika Serikat pada Desember. Obat buatan Merck tersebut juga sudah mendapat izin serupa di sejumlah negara, termasuk India, Meksiko, dan Inggris.

Banyak negara sudah menandatangani pembelian molnupiravir dengan Merck. Merck bulan ini mengatakan pihaknya memperkirakan molnupiravir akan efektif mengobati penyakit yang diakibatkan oleh varian yang sangat menular, Omicron.

Varian virus corona tersebut telah menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 dan tingkat rawat inap di seluruh dunia. (Ant/Antara)