Logo BBC

Obat-obat Terbaru Disebut Kurangi Keparahan, COVID Sudah Dijinakkan?

Obat Paxlovid. BBC Indonesia
Obat Paxlovid. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Berkat penggunaan obat-obatan terbaru, semakin sedikit pasien Covid di Inggris yang sakit parah atau bahkan sekarat. Jadi, apakah ini berarti kita akhirnya dapat menjinakkan virus corona?

Ketika pandemi Covid-19 pertama kali melanda dua tahun lalu, para dokter tidak punya obat-obatan yang ampuh memerangi virus corona.

Saya ingat pada April 2020, saya berada di sebuah unit gawat darurat khusus pasien Covid. Saat itu, seorang dokter yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap berkata kepada saya bahwa pihak rumah sakit tidak punya apapun untuk menangani pasien sakit parah, kecuali oksigen.

Saya menyaksikan bagaimana pasien demi pasien dipasangi ventilator untuk membantu kerja paru-paru mereka.

Dr Matthias Schmid
BBC
Dr Matthias Schmid, kepala bidang penyakit menular Rumah Sakit Royal Victoria di Newcastle, menangani pasien Covid pertama di Inggris pada akhir Januari 2020.

Kenangan menyedihkan itu akan senantiasa tertanam di dalam benak saya.

Namun, kini keadaannya berubah drastis. Di Rumah Sakit Royal Victoria di Newcastle, Inggris, ICU atau unit perawatan intensifnya tampak dan terasa sangat berbeda.

Pertama, para tenaga kesehatan di sana tidak lagi memakai APD lengkap karena sebagian besar bangsal bebas Covid. Pada puncak Covid setahun lalu, rumah sakit tersebut menangani 90 pasien kritis. Sekarang hanya ada tiga pasien dengan kondisi serupa.