Ini Penyebab Tremor yang Bikin Tangan Suka Gemetar

Ilustrasi Telapak Tangan, garis tangan dan Jari
Sumber :
  • Pixabay/ SookyungAn

VIVA Lifestyle  – Tangan yang gemetar, atau tremor, bisa menjadi kondisi yang membuat khawatir dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, apa penyebab tremor? Mari kita bahas penyebab umum dari tangan yang gemetar atau tremor agar lebih mudah dipahami. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

1. Essential Tremor

Ilustrasi tangan/jari.

Photo :
  • Pexels/Daria Shevtsova
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Salah satu penyebab umum dari tangan yang gemetar adalah Essential Tremor. Dilansir dari Mayo Clinic, ini adalah kondisi neurologis yang menyebabkan gerakan gemetar yang tidak disengaja, terutama ketika menggunakan tangan untuk melakukan tugas-tugas sederhana. Essential Tremor dapat mempengaruhi siapa saja, tetapi lebih umum pada orang berusia 40 tahun ke atas.

2. Parkinsons Disease

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Ilustrasi tangan

Photo :
  • Pixabay/unclelkt

Penyakit Parkinson juga dapat menjadi pemicu tangan yang gemetar. Pada penyakit ini, gemetaran biasanya terlihat ketika tangan sedang beristirahat atau berada di samping tubuh. Selain tangan, Parkinson juga dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya dan disertai dengan gejala lain seperti gerakan lambat dan masalah postur.

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Kadang-kadang, stres emosional dan kelelahan dapat menjadi penyebab sementara dari tangan yang gemetar. Tubuh bereaksi terhadap stres dengan merespons secara fisik, dan ini dapat mencakup gemetaran tangan. Istirahat yang cukup dan manajemen stres dapat membantu mengurangi gejala ini.

4. Efek Samping Obat

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Beberapa obat juga dapat menyebabkan efek samping berupa gemetaran tangan. Jika kamu mengalami tangan yang gemetar setelah mengonsumsi obat tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengevaluasi dosis atau mencari alternatif obat.

Kondisi medis seperti hipertiroidisme, di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, juga dapat menyebabkan gemetaran tangan. Pengobatan kondisi tiroid dapat membantu mengendalikan gejala tersebut.

6. Kurangnya Gula Darah

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

Photo :
  • Pexels/Polina Tankilevitch

Hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah juga dapat menjadi pemicu gemetaran tangan. Pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan mengatasi masalah kadar gula darah dengan konsultasi dokter.

7. Minum Kafein Berlebihan

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Pexels/The Lazy Artist Gallery

Kafein dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gemetaran tangan pada beberapa orang. Batasi asupan kafein atau hindari minuman tinggi kafein untuk melihat apakah gejala membaik.

Penting untuk diingat bahwa jika kamu mengalami tangan yang gemetar secara terus-menerus atau gejala lain yang mengkhawatirkan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Diagnosis yang tepat akan membantu menentukan penyebabnya dan memberikan pengelolaan yang sesuai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya